Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh | Biaya Oke

Posted by

Insan Cendekia Boarding School (ICBS) Payakumbuh merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam populer di kalangan masyarakat Indonesia karena konsep pendidikannya yang mengolaborasikan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual secara modern.   

Didirikan pada 2010, ICBS memiliki banyak keunggulan. Utamanya di bidang keislaman, pembiasaan kehidupan Islami yang moderat disertai proses pembelajaran yang aktif, efektif, inovafif, kreatif dan menyenangkan untuk anak-anak.

Selain kampus Payakumbuh, ICBS juga tersebar di enam lokasi berbeda dengan 4.000 santri di seluruh Indonesia.

Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh

Untuk saat ini ICBS Payakumbuh menyediakan dua jenjang pendidikan, yaitu SMP dan SMA dengan kurikulum pendidikan nasional yang dipadukan dengan kurikulum khas ICBS yang mengadopsi ilmu-ilmu terbaik dari dalam dan luar negeri.

Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh

Selama proses pembelajaran, santri dan santriwati dibimbing oleh pengajar-pengajar professional yang berkompeten di bidangnya. Sehingga mampu menghasilkan torehan berbagai prestasi baik di tingkat kota, nasional hingga internasional.

Program Unggulan

Istimewanya ICBS Payakumbuh karena program-program unggulan yang dimilikinya. Kami jabarkan detailnya berikut ini

Tahfidz Qur’an – program unggulan pertama adalah tahfidz Qur’an dengan metode insani. Sebuah metode santri secara bergilir dan berkala menghabiskan waktu bersama al Qur’an. Target program ini santri mampu menghafal 30 juz al Qur’an hanya dalam waktu 2 tahun.

Selain itu santri juga dibiasakan bukan hanya sekedar menghafal al Qur’an secara harfiyah saja, namun juga pengejawentahan nilai-nilai Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

English and Arabic Camp – melalui intensive camp selama 2 minggu sampai sebulan, santri dan santriwati dilatih cepat mahir berbahasa asing dengan metode super memory, mind maping, dan pembiasaan berbahasa setiap hari (muhadatsah).

Khidmah Ijtima’iyyah – mengingat ICBS merupakan gerbang utama penyebaran ilmu agama pada masyarakat sekitar, maka program khidmah ijtima’iyyah bertujuan untuk memupuk kepercayaan santri dalam mengaplikasikan ilmu dengan memakmurkan masjid melalui kegiatan keislaman seperti khutbah, pengajian, tahlil, dan lainnya.

Pembinaan Lomba – demi memasifkan keikutsertaan santri dan santriwati dalam perlombaan, pihak ICBS Payakumbuh memfasilitasi banyak pelatihan. Sebut saja pembinaan MTQ, olimpiade, KSM, AON, FLS2N, hingga POSPENAS.  

Dari program di atas, ternyata ICBS mempunyai program regular lainnya seperti leadership training, comparative study luar negeri, rihlah edukatif, profession day, market day, hingga birrul walidain.

Dengan demikian bisa dilihat bagaimana program afirmasi akademik dan internasional ICBS berperan penting mewujudkan generasi cerdas, Islami, mandiri dan berprestasi. 

Ekstrakulikuler Lengkap

Keunggulan lain dari ICBS Payakumbuh adalah ekstrakulikulernya yang beragam. Ada 30 lebih eskul yang bisa dipilih sesuai minat santri.

Beberapa di antaranya yakni paskibra, kaligrafi, panahan, kursus empat bahasa (Inggris, Arab, Jepang, Turki), taekwondo, debat, fun cooking dan eskul kekinian lainnya seperti design grafis, video multi creator, programmer, dsb.

Fasilitas Mantap

Fasilitas di ICBS Payakumbuh terbilang komplet dan mendukung kebutuhan harian santri. Mulai dari ruang belajar-mengajar yang representatif, asrama.

Masjid eksotis, laboratorium pembelajaran, klinik kesehatan, perpustakaan, barbershop, laundry, ruang multimedia, kantin, mini market, hingga aula serbaguna.

Pendaftaran Santri Baru

Pendaftaran dibuka full online melalui link https://ppdb.ICBS.sch.id/home. Adapun persyaratan pendaftaran dapat dilihat pada website, pendaftaran dikenakan biaya Rp350.000 ribu.

Nantinya akan ada ujian tulis dan lisan dengan materi seputar matematika, PAI, IPA terpadu, bahasa Inggris (SMA), bacaan al Qur’an, wawancara orang tua dan anak. 

Biaya Masuk 2023-2024

Biaya awal pendidikan yang harus Bapak/Ibu persiapkan yakni sekitar 14.8 juta rupiah. Berdasarkan brosur yang kami peroleh, biaya tersebut sudah mencakup

  • Uang pembangunan
  • Empat set seragam
  • Fasilitas asrama berupa tempat tidur, kasur dan lemari

Sedangkan biaya perbulannya adalah 1.7 juta (sudah termasuk SPP, asrama, katering dan laundry). Sekilas biaya masuk ICBS terlihat mahal, namun menurut kami standar boarding school bagus biaya masuknya demikian.

Bisa dibandingkan dengan boarding school lain di Payakumbuh yang sudah pernah kami ulas sebelumnya di link ini.

Alamat Lengkap

Insan Cendekia Boarding School beralamat lengkap di Jl. RA. Kartini, Padang Kaduduak, Kel. Tigo Koto Diate, Kec. Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.

Jika membutuhkan informasi lebih lengkap dan detil bisa whatsapp ke Ustadz Nofri (+62 811 6699 102) atau Ustadzah Putri (+62 822 6856 1883). Kunjungi juga website resminya di link ini https://icbs.sch.id/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *