Sekolah Asrama Terbaik di Jawa Timur

Sekolah berasrama identik dengan pondok pesantren. Namun demikian, seiring berjalannya waktu, ada beberapa sekolah berasrama yang tidak pesantren. Istilah kerennya adalah boarding school. Bahkan meskipun beberapa yang kami cantumkan sebagai sekolah berasrama terbaik adalah pesantren, namun pesantren-pesantren ini menitikberatkan pada aspek sekolah unggulannya. Pesantren hanya menjadi unsur pendukung saja. Berikut beberapa sekolah boarding school terbaik di wilayah Jawa Timur.

  1. Al Hikmah Boarding School, Batu, Malang
alhikmahsby.sch.id

Al Hikmah sejak 2005 berkiprah membina sekolah Islam terpadu jenjang SMA di wilayah Surabaya, prestasinya bertingkat internasional. Bahkan salah satu alumninya menjadi pembicara di sidang umum PBB dan mendapatkan standing ovation dari peserta. Bahkan, Djarot Dimas, mendapatkan diplomacy award .di antara semua peserta berasal dari seluruh dunia. Cukup fenomenal. Oleh sebab itu secara bahasa dan komunikasi siswa al Hikmah memang cukup bagus dan berstandar internasional.

Di tahun 2015, al Hikmah mulai membangun Boarding School di Batu, Malang. Boarding School Al Hikmah menekankan aspek pada penanaman unsur kemandirian yang tinggi, dan penanaman jiwa pembelajar sehingga mampu menghadapi perubahan masa depan yang super cepat. Caranya adalah, al Hikmah Boarding School memberikan ruang, fasilitas, serta pembimbing untuk tumbuh kembangnya potensi akademik dan non akademik siswa. Identifikasi kemampuannya sedari awal masuk, dengan wawancara psikologi, potensi akademik, dll bersama orangtua. Sehingga dari awal masuk sudah diketahui, bahwa potensi terbesar siswa ada di arsitek atau matematika, Al Hikmah menyediakan pendamping khusus.

Terletak di bumi Batu dengan ketinggian 900 mdpl bersuhu antara 19-21 derajat, kesejukan yang hadir menjadikan setiap kamar tanpa pendingin. Bahkan satu kamarnya hanya untuk 4 sampai 6 orang, dengan dua kamar mandi di dalam. Berdiri megah di atas tanah 15 hektar, dikelilingi pohon apel dan jeruk yang sedang berkembang, Boarding School yang satu ini adalah favorit destinasi pendidikan di Jawa Timur.

2. Darul Hikam, Mojokerto

Sekolah berasrama terbaik selanjutnya berbasis system pondok pesantren. Yaitu Darul Hikam Mojokerto. Meskipun pondok pesantren, namun pondok ini masih menggunakan sekolah SMP dan SMA, tidak Tsanawiyah dan Aliyah seperti pada umumnya pondok pesantren.

Ternyata hal ini dimaksudkan agar anak-anak unggul mampu meraih prestasi dengan baik, terutama dalam bidang sains. Minat bakat pun dipilah lebih dini sehingga setiap siswa mampu mendapatkan pendampingan lebih intensif sejak awal. Pilihan untuk fokus di pendampingan Robotic, Olimpiade, dll disediakan. Karena berasrama, program tersebut sangat intensif. Efeknya, mereka juara pada lomba robotic tingkat Asia di Osaka Jepang pada tahun 2017, dan juara tiga pada perlombaan sains tingkat nasional pada tahun 2016.

Darul Hikam Mojokerto justru meyakini bahwa kecerdasan lahir dari buah ibadah yang tinggi. Sehingga pola salaf diterapkan untuk dzikir lama selepas subuh, dan mewajibkan anak-anaknya untuk menghapal al Quran. Oleh sebab itu sekolah ini tidak hanya menekankan akademik, tapi juga akhlaq siswa.

Suasana Mojokerto yang sejuk dan teduh salah satu nilai plus dari pondok pesantren di kecamatan Puri Kabutapen Mojokerto. Oleh sebab itu kami masukkan pondok ini ke dalam kategori sekolah berasrama terbaik tingkat smp dan sma se Jawa Timur.

Untuk biaya masuk, sekolah ini tergolong rendah, sekitar 5 juta.

3. SMA Taruna Nala Jawa Timur

Jika Anda pernah mendengar sekolah Taruna Nusantara, maka sekolah Taruna Nala Jawa Timur juga hampir mirip. Sekolah ini memiliki tujuan menciptakan sekolah unggul di bidang akademik dan non akademik yang menekankan unsur kedisiplinan tinggi dengan pola berasrama.

Sekolah yang terletak di Kota Malang ini bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut dengan kombinasi kurikulum Bela Negara dan Kemaritiman. Bisa dikatakan sekolah ini adalah sekolah semi militer.

Meskipun demikian, alumni yang dihasilkan dari sekolah semi militer ini hanya 20% diharapkan bisa berkompetisi untuk masuk ke militer atau ke kepolisian dengan persiapan lebih dini. adapun 80% lainnya diarahkan sesuai minat dan bakat. Oleh sebab itu asrama difungsikan sebagai upaya meningkatkan kedisiplinan para peserta belajar. Sehingga sekolah ini pantas disebutkan sebagai sekolah boarding school atau berasrama terbaik di wilayah Jawa Timur.

4. Nurul Jadid, Paiton

Nurul Jadid Paiton lebih dikenal sebagai pesantren salaf yang ketan di wilayah Probolinggo. Namun hasil kunjungan kami membuat pikiran kami terbuka dan memasukkan pondok ini sebagai sekolah islam berasrama terbaik di Jawa Timur.

Nurul Jadid Paiton memiliki asrama yang penghuninya dikelompokkan berdasarkan minat dan bakat. Ada asrama bahasa, dari bahasa Arab, Inggris, hingga Mandarin. Ketika kami berkunjung ke Kyai, kami disodorkan beberapa alumni yang melanjutkan di Cina. Ada pula asrama tahfidz, tafsir, jurnalistik, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu Nurul Jadid Paiton menjadi rekomendasi sebagai sekolah terbaik berasrama di tingkat Jawa Timur.

5. Darul Ulum, Jombang

smulandu2-jbg.sch.id

Banyak orang mengenal Darul Ulum sebagai pondok pesantren besar di Jawa Timur. Namun demikian setelah kami berkunjung di dalamnya, Darul Ulum lebih identik sebagai sekolah unggulan berasrama. Darul Ulum menerapkan kurikulum Cambridge University. Sehingga bahasa Inggris bukanlah persoalan yang besar bagi santri-santri karena memang sudah menjadi kewajiban.

Pola asramanya lebih kepada kyai-kyai yang tersebar di wilayah sekolah utama. Tidak di bawah satu naungan. Bisa jadi asrama satu dengan asrama lain memiliki pola asuh berbeda. Setiap komplek memiliki pemimpin tersendiri.

Share This:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *