Pondok Pesantren Terbaik di Mojokerto

Mojokerto merupakan kota sebelum Surabaya yang sangat identik dengan wisata seperti puncak di Bogor. Di balik itu, Mojokerto banyak menyimpan pondok-pondok pesantren bagus dan sangat layak menjadi destinasi pendidikan. Berikut beberapa pondok rekomendasi dari kami di Mojokerto

1. Darul Hikam, Puri, Mojokerto

Darul Hikam Tambaksuruh Puri Mojokerto merupakan sekolah bertaraf internasional. Menggunakan dua bahasa utama, Arab dan Inggris, roda kegiatan di pondok ini digerakkan dengan pola identik Gontor. Kepala sekolahnya berasal dari Gontor. Sehingga disiplin dijalankan dengan cukup tinggi.

Pondok ini mengedepankan prestasi siswa, sehingga ekstra kulikulernya tidak hanya sebatas dalam bidang seperti hadrah saja, tapi juga mencakup persiapan olimpiade, robotic, jurnalistik, bahkan sudah menjadi hal biasa karya tulis miliki santri dibukukan. Oleh sebab itu prestasi pondok ini tergolong mentereng. Mampu menjuarai lomba robotic tingkat internasional di Osaka Jepang pada tahun 2017.

Namun di sisi lain, pimpinan pondok ini juga menyampaikan bahwa unsur salafiyah juga dipegang teguh dalam pola pembinaan akhlaq siswa. Sehingga adab santri terhadap guru dan orangtua menjadi titik penting selain prestasi. Apalagi memiliki asrama dengan kamar mandi di dalam, menjadikan pembinaan menjadi jauh lebih mudah.

Karena pimpinan pondoknya memiliki relasi internasional, studi tour di pondok ini dilakukan ke Malaysia dan Singapura. Bahkan beberapa kali mengikuti kegiatan di luar negeri. Seperti undangan debat bahasa Arab se ASEAN, dll. Oleh sebab itu pondok Darul Hikam Mojokerto ini sangat layak dijadikan destinasi pendidikan tingkat menengah dan atas. Apalagi dengan kualitas demikian biaya pendaftaran tergolong murah, hanya berkisar 5 juta rupiah.

2. Amanatul Ummah, Pacet

ayomondok.net

Pondok Pesantren Amanatul Ummah sebenarnya tidak hanya di Mojokerto, di Surabaya pun ada. Namun demikian dalam persoalan pondok pesantren, lebih dikenal Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Sebenarnya Amanatul Ummah Mojokerto belumlah lama didirikan.

Amanatul Ummah Mojokerto memiliki identitas bahasa yang bilingual. Kemudian lebih dikenal sebagai sekolah unggulan. Salah satu fokusnya adalah menyiapkan siswa untuk masuk ke jenjang berikutnya. Jika berbicara pesantren, maka Pondok Amanatul Ummah lebih condong kepada sekolah terpadunya. Secara tempat, Amanatul Ummah memang memiliki kelebihan, Pacet terkenal sebagai tempat yang nyaman, dan sejuk.

3. Multazam, Mojoanyar

ayomondok.net

Pondok di Mojoanyar Mojokerto ini secara pola hampir mirip dengan amanatul ummah. Bedanya, Pondok Pesantren Multazam nuansa pondok pesantren lebih kental daripada nuansa sekolah unggulan. Jadwal mengaji kitab dan ibadah lebih banyak.

Berdiri pada tahun 1994, Pondok pesantren ini bersiswa ratusan. Semua berasrama dengan pendidikan dari TK, SMP, MTS, dan Aliyah. Uniknya biaya pendaftaran yang tertera di website tergolong cukup mahal. Hingga mencapai 18.000.000 dengan biaya bulanan sebesar 1.300.000 sekian.

Salah satu yang menjadi keunggulan adalah ada kegiatan hafalan al Quran, jenjang SMP 5 juz, sedangkan jenjang SMA 5 juz. Sehingga jika ditotal akan mendapatkan 10 juz. Keduanya untuk sekolah Islam Terpadu. Nuansa NU juga sangat kental sekali sebagai identitas pondok pesantren di Jawa Timur.

Share This:

3 comments

    1. Untuk Darul Hikam Anda bisa menghubungi Abdul Majid – +6285645256118
      Untuk Amanatul Ummah Pacet Anda bisa menghubungi – 08155109708
      Untuk Multazam Anda bisa menghubungi – 0321 – 327316

  1. Alhamdulillah pondok pesantren bisa menjadi pilihan utama untuk meraih pendidikan yg bersifat duniawi maupun akhirat, tapi mohon dicantumkan juga pondok pesantren terbaik di luar mojokerto

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *