Pondok Pesantren Modern Terbaik di Jawa Timur

Pondok pesantren modern bukan berarti dilihat dari fasilitasnya, ber ac, pakai lcd, atau ada mesin cucinya. Pondok pesantren modern yang kami maksud adalah memiliki sistem mandiri dengan tujuan fokus pada kemandirian siswanya sehingga menghasilkan alumni-alumni yang mampu menyesuaikan dengan persoalan masa depan. Oleh sebab itu berikut beberapa Pondok Pesantren Modern Terbaik di Jawa Timur.

  1. Gontor
gontor.ac.id

Pondok Gontor kami masukkan sebagai pondok pesantren modern terbaik di Jawa Timur karena memang pondok yang berpusat di Ponorogo ini adalah pelopor pondok dengan nama modern. Padahal secara fasilitas jauh dari kata modern. Masih menggunakan papan tulis, kelasnya masih berjumlah empat puluhan. Kamarnya pun berisi santri berjumlah belasan dengan kasur lesehan.

Namun demikian sistem pendidikannya tidak berkiblat ke depag dan diknas, memiliki sistem dan kurikulum sendiri yang bernama KMI. Sistem ini ditopang dengan asram yang selanjutnya membentuk pendidikan dua puluh empat jam. Di pondok ini setiap menit memang benar-benar diatur dengan ketat.

Pondok Modern Darussalam Gontor, begitu nama lengkapnya, memang terbukti melahirkan alumni-alumni yang mampu berperan besar untuk bangsa Indonesia. Seperti ketua PB NU dan Muhammadiyah, menduduki jajaran menteri, kemudian juga birokrat, partai, pengusaha, dan lain sebagainya. Hasyim Muzani, Idham Kholid, Din Syamsudin, Tuan Guru Bajang Gubernur NTB dan Lain sebagainya. Pondok ini menyiapkan sumber daya manusia masa depan.

Pondok ini sangat fokus mendidik remaja, karena remaja itulah bahan bakar generasi dan sumber daya manusia. Pondok Gontor untuk Jawa Timur memiliki beberapa cabang, Kediri, Banyuwangi, sedangkan putri di Ngawi dan Kediri. Adapun cabang lain di luar Jawa Timur.

  1. Al Amin, Sumenep

Pondok yang kedua adalah Al Amin Prenduan Sumenep Madura. Pondok pesantren ini adalah pondok kunci di madura di antara beberapa pondok kunci lain yang sangat besar. Pondok ini hampir mirip dengan Gontor memiliki sistem sendiri, cara berpakaian pun juga hampir mirip. Pondok ini sangat identik dengan pulau madura.

Kelebihan pondok ini adalah jenjang pendidikannya yang sangat beragam, tidak hanya jenjang menengah dan atas, tapi juga pondok tahfidz. Sehingga pendidikan di pondok ini sangat variatif.

  1. Darul Hikam, Mojokerto

Darul Hikam Mojokerto merupakan pondok pesantren yang unik. Pondok ini tidak memiliki sistem sendiri karena menyatukan sistem modern dan salaf. Namun demikian kami masukkan ke dalam modern karena menggunakan sistem pondok modern dengan pengelolaan pendidikan dua puluh jam, adapun salafnya lebih kepada pola ibadah karena tidak dilaksanakan secara program pendidikan.

Pondok Darul Hikam fokus dalam penyiapan santri untuk siap menghadapi masa depan dengan akhlaq yang bagus. Pondok ini memulai dengan terapi akhlaq, jika anak yang masuk akhlaqnya kurang baik, maka akan diberikan pendampingan khusus. Jika nantinya masih tetap bermasalah dikonsultasikan dengan orangtua untuk dipindahkan ke pondok tetangga yang memiliki terapi ibadah lebih intensif dan sarana lebih minimalis. Setelah baik, akan ditarik kembali.

Pondok ini fokus pada aspek pengembangan akademis, terutama pada bidang-bidang eksak. Bahkan pondok ini menjuari robotic tingkat Asia di Osaka Jepang pada tahun 2017. Sebuah prestasi yang sangat membanggakan. Oleh sebab itu alumni pondok ini memiliki kecerdasan optimal sesuai minat, dan akhlaq yang baik sesuai standar adab pencari ilmu. Oleh sebab itu sangat layak dimasukkan sebagai salah satu pondok pesantren modern unggulan di Jawa Timur

Share This:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *