Pesantren Terbaik di Ponorogo

Posted by

Pesantren terbaik di Ponorogo bisa dikatakan sangat banyak. Yang paling mashur adalah Gontor yang sebenarnya adalah nama desa. Namun demikian jika Anda ingin mondok di Ponorogo, kami sediakan beberapa pesantren yang menurut kami adalah pesantren terbaik di Ponorogo.

  1. Gontor

Pondok Gontor kami masukkan sebagai pondok pesantren modern terbaik di Ponorogo karena memang pondok ini adalah pelopor pondok modern. Padahal secara fasilitas jauh dari kata modern. Masih menggunakan papan tulis, kelasnya masih berjumlah empat puluhan. Kamarnya pun berisi santri berjumlah belasan dengan kasur lesehan.

Namun demikian sistem pendidikannya tidak berkiblat ke depag dan diknas, memiliki sistem dan kurikulum sendiri yang bernama KMI. Sistem ini ditopang dengan asram yang selanjutnya membentuk pendidikan dua puluh empat jam. Di pondok ini setiap menit memang benar-benar diatur dengan ketat.

Pondok Modern Darussalam Gontor, begitu nama lengkapnya, memang terbukti melahirkan alumni-alumni yang mampu berperan besar untuk bangsa Indonesia. Seperti ketua PB NU dan Muhammadiyah, menduduki jajaran menteri, kemudian juga birokrat, partai, pengusaha, dan lain sebagainya. Hasyim Muzani, Idham Kholid, Din Syamsudin, Tuan Guru Bajang Gubernur NTB dan Lain sebagainya. Pondok ini menyiapkan sumber daya manusia masa depan.

Pondok ini sangat fokus mendidik remaja, karena remaja itulah bahan bakar generasi dan sumber daya manusia. Pondok Gontor Ponorogo memiliki beberapa cabang, Kediri, Banyuwangi, sedangkan putri di Ngawi dan Kediri. Adapun cabang lain di luar Jawa Timur. Oleh sebab itu kami masukkan sebagai yang terbaik di Ponorogo.

  1. Al Mawaddah

Al Mawaddah secara sistem sangat mirip dengan pondok Gontor Putri, karena pendirinya, salah satu pendiri Gontor, adalah pendiri pesantren putri al Mawaddah. Namun yang istimewa, Al Mawaddah adalah pesantren yang tidak memiliki pendidikan untuk putra, hanya putri saja. Sehingga namanya saja sudah berbau unsur wanita, “Mawaddah”.

Oleh sebab itu dari unsur pendidikan, dalam penilaian kami salah satu yang ditekankan adalah aspek kewanitaan. Kelembutan, santun tutur kata, dan menjadi ibu yang baik bagi calon anak-anak. Lingkungannya pun sangat kondusif karena mayoritas guru juga perempuan.

Tapi jangan berharap aspek lain seperti tahfidz, atau aspek prestasi di pendidikan umum, meskipun ada tidak kental. Al Mawaddah tidak menganut hal itu. Yang dicita-citakan adalah menjadi wanita yang baik dengan kurikulum yang sudah disediakan.

Bukan berarti di al Mawaddah hanya dididik untuk menjadi ibu yang baik, alumninya mampu berkarir di banyak bidang, berbagai karir, ada yang menjadi penyiar, ada yang menjadi pengusaha, ada yang menjadi akademisi, hampir di semua aspek ada. Jenjang pendidikannya hanya untuk selepas SD.  Oleh sebab itu sudah selayaknya masuk di Pesantren terbaik di Ponorogo.

  1. Walisongo

Pondok Pesantren dengan nama Walisongo cukup banyak. Walisongo dari Ponorogo lebih dikenal dengan sebutan Walisongo Ngabar. Pesantren ini alumni Gontor, sehingga secara corak dan lain sebagainya sangat mirip dengan Gontor.

Namun demikian ada hal berbeda dari Walisongo Ngabar. Pesantren ini memiliki kurikulum tidak murni seperti Gontor. Ada perpaduan kurikulum pemerintah. Pesantrennya juga menampung Santri Putra dan Putri yang terpisah oleh jalan desa.

Secara kualitas cukup baik jika dilihat dari sudut pandang Ponorogo. Hanya saja pesantren ini tidak memiliki spesifikasi spesial dalam hal tertentu. Seperti layaknya Gontor dengan kurikulum sendiri, Mawaddah khusus putri, atau Muqaddasah yang khusus tahfidz.

Di pondok ini pun banyak santri yang modelnya santri kalong. Atau masih tinggal di rumah sendiri, dan pagi masuk pesantren sore pulang. Menurut kami pesantren ini menjadi alternatif, mengingat program tahfidz juga ada, santri putra dan putri juga ada.

  1. Muqaddasah

Muqaddasah adalah pesantren tahfidz quran yang terletak sangat dekat Pondok Pesantren Darussalam Gontor Ponorogo. Pimpinan pondoknya juga salah satu pimpinan dari Pondok Gontor. Oleh sebab itu sistem Gontor yang ketat sangat mewarnai pendidikan tahfidz di pesantren ini.

Saran kami, jika ke pesantren ini lebih baik usia anak-anak. Seperti Yanbu’a. Dari SD sudah dimasukkan. Yang unik, durasi menghafal setiap siswa bisa bergantung kemampuan masing-masing siswa. Bisa jadi ada yang lebih cepat, bisa jadi yang lebih lambat. Namun sistem yang berjalan menjadikan pondok ini memiliki durasi waktu yang mirip-mirip dengan yang lain, 4-5 tahun.

Yang istimewa dari pondok di Ponorogo ini adalah gabungan antara sistem tahfidz yang ada di pesantren-pesantren, dengan sistem Gontor untuk penerapan di asrama yang dikenal cukup baik menggembleng santri hingga menjadi santri dengan kemandirian tinggi. Oleh sebab itu kami masukkan Muqaddasah sebagai Pesantren Terbaik di Ponorogo.

Inilah beberapa pesantren terbaik di Ponorogo dalam sudut pandang kami. Jika ada pesantren lain, bisa dimasukkan dalam kolom komentar.

 

 

Share This:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *