Operator Seluler Internet Terbaik di Indonesia

Kami adalah pengguna internet yang sering keluar kota dan sering mencoba beberapa operator seluler untuk menunjang aktivitas kami. Oleh sebab itu apa yang kami tulis berdasarkan pada pengalaman kami dalam menggunakan beberapa operator. Faktor yang dijadikan unsur penilaian sebagai operator seluler internet terbaik adalah jaringan, harga, serta ketersediaan di pasar. Berikut beberapa operator seluler internet terbaik di Indonesia.

  1. Telkomsel

Berbicara jaringan, operator ini adalah rajanya. Masuk pelosok desa atau di kota, hanya telkomsel yang bisa menjangkaunya. Dulu bisa mengatakan masuk Madura hanya XL yang terpercaya, tapi kini semua wilayah dicover habis oleh operator berwarna merah. Oleh sebab itu pelanggannya cukup banyak dari kalangan atas. Karena yang dipentingkan adalah di mana saja, dan kapan saja, nomor Anda tetap ada sinyal.

Masalah harga, Telkomsel selalu jual mahal, ada kualitas ada harga, filosofi yang sangat wajar dalam dunia perdagangan. Meskipun paket-paketannya selalu menarik, namun jika dikalkulasikan harga dibanding yang lain, hampir dipastikan lebih mahal. Mungkin menyediakan banyak Giga, tapi perhatikan betul pembagian dengan paket yang hanya bisa digunakan di waktu semua orang tidur nyeyak. Kalau berbicara kecepatan, Telkomsel rajanya. Dia memang sangat kencang.

  1. Indosat

Indosat dengan Telkomsel seperti saudara kandung. Kalau ada yang memiliki dua nomor, Indosat dan Telkomsel, sudah bisa dipastikan tahu seberapa kembar dua vendor ini. Paket-paket telpon pun hampir sama.

Indosat juga memiliki jaringan yang cukup luas hingga ke pelosok desa. Namun jika disandingkan dengan Telkomsel, dalam pengamatan kami masih lebih baik telkomsel. Indosat dulu identik dengan operator untuk wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya. Tapi sekarang operator dengan identitas kedaerahan sudah menghilang. Yang dijual adalah paket pelayanannya.

Kemenangan Indosat bisa dikatakan pada harga. Harganya lebih kompetitif. Tidak begitu pelit. Oleh sebab itu dulu indosat dikenal sebagai nomor anak-anak mahasiswa. Tapi sayangnya, harga murah juga dibayar dengan kualitas. Sampai sekarang, internet Indosat dikenal sebagai penyedia layanan internet stabil tapi tidak begitu cepat. Kalau kami ke konter, selalu yang disampaikan pelayannya, “Tidak kenceng, tapi stabil.”

  1. XL

Operator XL adalah operator yang unik. Dulu khas operator untuk wilayah Tapal Kuda dan Madura. Entah kenapa kalau orang punya nomor XL identik dengan wilayah tersebut. Namun yang menjadi nilai plus adalah, XL memiliki paket-paket yang menarik. Dulu adalah paket nelpon 1 rupiah. Kemudian diikuti oleh vendor yang lain. Di internet juga demikian, paketan-paketan selalu unik dan menarik. Dengan paket data melimpah, kecepatan kencang, dan harga kompetitif.

Masalah utamanya adalah, jaringan XL tidak seluas dua saudara kembar. Masuk pelosok desa sinyalnya masih muncul, tapi sinyal internet E (entek). Pastinya vendor sudah memperbaiki, tapi tidak seluas yang pertama dan kedua. Sehingga banyak orang menggunakan paket data dari XL hanya untuk ketika di kota saja.

Share This:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *