7 Sekolah Terbaik di Indonesia

Posted by

7 sekolah terbaik di Indoensia bukan berarti paling baik di antara yang lain. Namun bagi kami Sekolah terbaik di Indonesia adalah sekolah-sekolah yang menjadi contoh dalam keragaman jenis model lembaga pendidikan yang ada di Indonesia. Landasan kami adalah identitas kental yang melekat pada solah itu sehingga betul-betul menjadi brand, dan keistimewaannya. Oleh sebab itu berikut kami hadirkan 7 Sekolah Terbaik di Indonesia

  1. Sekolah Olimpiade

Sekolah Olimpiade yang kami maksud adalah sekolah yang memiliki langganan juara olimpiade sains di antara sekolah-sekolah Indonesia. Oleh sebab itu bagi kami ini adalah salah satu dari 7 sekolah terbaik di Indonesia. Kami memilih sekolah BPK Penabur. Namanya sudah dikenal sebagai sekolah yang memang fokus pada prestasi olimpiade tingkat internasional. Sehingga seolah-seolah bagi kami, mereka mengerjakan UAN cukup dengan menutup satu mata, karena mata yang lain fokus pada olimpiade.

BPK Penabur adalah sekolah kristen. Letaknya di Jakarta. Untuk menggambarkan betapa luar biasanya prestasi BPK Penabur adalah ketika Olimpiade Sains Nasional pada 2005, pemenangnya didominasi oleh BPK Penabur. Atau yang terbaru di tahun 2017, meraih medali Perak di Thailand untuk Chemistry Olympiad, Perak di Physic Olimpiad di Rusia, dll. Terlalu banyak untuk ditulis di sini.

2. Sekolah Islam Boarding School

7 sekolah terbaik di Indonesia

Al Hikmah lebih dikenal sebagai pionir sekolah Islam Terpadu, namun demikian yang istimewa justru di Sekolah Boarding School Al Hikmah. Terletak di kawasan wisata Batu, al Hikmah Boarding School kami anggap sebagai yang terbaik di Indonesia karena keistimewaan pola pendidikan dalam aspek melejitkan potensi terbaik siswa.

Jika persoalan akhlaq, Al Hikmah adalah sekolah yang tercatat dalam buku kemendikbud sebagai sekolah yang komitmen dengan akhlaq di era digital. Namun bagi kami bukan itu yang menjadikan sekolah ini masuk dalam jajaran sekolah terbaik di Indonesia. Poin pentingnya justru berada dalam aspek melejitkan potensi terbaik siswa.

Potensi siswa di sekolah ini sudah terpetakan sedari awal masuk sekolah karena melewati banyak wawancara, akademik, psikotes, agama, dll. Dari wawancara ini didapatkan peta potensi anak, yang istimewa di mana, yang kurang di mana. Hasil itu kemudian didiskusikan dengan orang tua untuk selanjutnya disepakati sebagai fokus pembelajaran dari awal masuk sekolah. Misalkan jadi dokter, dari awal masuk sudah diarahkan ke sana. Prinsip sekolah ini tidak mau wasting time, wasting age, wasting money, dll. Dengan disertai tahfidz yang mengharuskan memahami tafsirnya, sekolah yang dimulai pada 2018 ini layak menjadi salah satu di antara 7 sekolah terbaik di Indonesia.

3. Sekolah Boarding School

Sebenarnya di Boarding School sangat banyak pilihan. Ada sekolah-sekolah elit yang kualitasnya cukup bagus. Namun kami memilih sekolah Insan Cendekia Serpong rintisan BJ. Habibie. Alasan kami sederhana, sekolah ini menjaring semua siswa dengan prestasi terbaik di Indonesia melalui tes yang berlapis-lapis.

Nama Insan Cendekia pada akhirnya menjadi jamur bagi sekolah-sekolah boarding school lainnya. Insan Cendekia Madani, Insan Cendekia Mandiri. Karena memang dari unsur nama Insan Cendekia memiliki Brand sebagai sekolah boarding untuk anak-anak berprestasi. Terlebih biayanya cukup rendah dibanding sekolah-sekolah boarding mahal yang menjamur. Oleh sebab itu kami masukkan sebagai 7 sekolah terbaik di Indonesia

4. Pondok Pesantren Modern

gontor.ac.id

Pondok Pesantren Modern kami jatuhkan kepada Pondok Pesantren Modern Gontor. Nama modern di pondok Gontor sudah tersemat sejak yang lain belum mengenal pondok modern. Padahal ketika kami pantau secara fasilitas tidak modern. Kelasnya pun biasa, isi 40 dengan papan tulis. Atau kamarnya pun biasa, berisi sepuluh sampai tiga puluh dengan kasur lipat, tidur seperti jejeran ikan.

Ketika kami telusuri mengapa pondok pesantren yang berdiri di tahun 1926 ini disematkan kata-kata modern. Ternyata pondok yang terletak di Kabupaten Ponorogo ini alumninya mampu beradaptasi di setiap zaman. Sehingga kemudian dicap sebagai modern karena berpikir futuristik. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam 7 sekolah terbaik di Indonesia. Kenyataannya, alumninya sampai sekarang manggung di berbagai kancah di Indonesia, seperti Tuan Guru Bajang, Ahmad Fuadi, Bachtiar Nasir, Din Syamsudin, dan lain sebagainya. Pada akhirnya dari alumni pondok Gontor lahir banyak pondok pesantren modern di Indonesia, seperti Darun Najah, Darul Qalam, dan lain sebagainya.

5. Pondok Pesantren Klasik

Untuk pondok pesantren klasik kami memilih PP. Sidogiri. Alasannya dua, pertama karena aspek usia yang begitu matang, karena berdiri pada tahun 1745. Kedua, karena eksistensinya sebagai pesantren klasik dengan model belajar sorogan dan kitab kuning tetap konsisten di saat semua pondok sudah beralih ke pola sekolah islam terpadu. Oleh sebab itu kami masukkan dalam 7 sekolah terbaik di Indonesia.

Pondok Pesantren Sidogiri memiliki santri kurang lebih 8.000-an. Semua santrinya memiliki identitas penguasaan bahasa arab yang bagus, pengetahuan keislaman yang mendalam, serta adab sopan santun yang tinggi. Oleh sebab itu ini adalah pondok pesantren sumber kyai. Sehingga kemudian banyak lahir pondok-pondok pesantren klasik di Indonesia yang bersumber dari pondok yang terletak di kabupaten Pasuruan ini.

6. Pondok Penghafal Quran

Jauh sebelum tren hafalan al Quran, di Indonesia sebenarnya terdapat sekolah terbaik di Indonesia yang fokus pada hafalan al Quran. Namanya pondok Yanbu’ul Quran terletak di Kudus. Atau orang sering mengenalnya dengan istilah Yanbu’a. Berdiri pada tahun 1942, dari pondok pesantren inilah kemudian lahir banyak penghafal-penghafal Quran di Indonesia, juga pondok pesantren tahfidz di Indonesia.

Dari pondok ini pula kota Kudus kemudian dikenal sebagai kota para penghafal al Quran. Bahkan standar menghafal tiga puluh juz di pondok ini adalah 3 tahun. Kualitasnya pun sangat terjamin. Bahkan yang populer di mata para calon penghafal adalah, untuk menghafal al Fatihah saja bisa berbulan-bulan. Pondok yang didirikan oleh Alm. KH. Arwani ini memang kami akui sebagai pelopor banyak pondok tahfidz di Indonesia.

7. Sekolah Bahasa Inggris

Jika Anda berangkat ke Pare, atau yang dikenal sebagai kampung Inggris, Tulungrejo, maka Anda harus tahu bahwa ada sekolah legendaris dan tetap eksis di kampung ini, yaitu BEC yang didirikan oleh MR. Kailani. Dia bukan orang Inggris, tapi dia adalah alumni Gontor yang mendirikan sekolah fokus pada pendidikan bahasa Inggris. BEC adalah pionir sekolah bahasa Inggris.

Di BEC pendidikannya meliputi banyak aspek dalam bahasa Inggris, tidak hanya pada aspek reading, atau speaking, tapi juga writing. Di saat semua kursus memilih fokus pada satu jenis pembahasan, seperti writing, BEC tetap eksis menghasilkan ahli bahasa Inggris yang menguasai segala aspek. Oleh sebab itu kami masukkan BEC ke dalam 7 sekolah terbaik di Indoensia.

Inilah 7 sekolah terbaik di Indonesia. Mereka menjadi pionir, dan lahir darinya sekolah-sekolah terbaik lainnya di Indonesia.

Share This:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *