7 Penulis Novel Islam Terkenal di Indonesia

Posted by

Karya-karya novel Islami sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari Indonesia. Pembacanya selalu melimpah, dan karya-karyanya seringkali menjadi rujukan untuk diangkat ke layar lebar. Berikut beberapa penulis novel Islam terkenal di Indonesia.

  1. Habiburrahman El Syirazi
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tidak ada yang menolak Habiburrahman El Syirazi sebagai salah satu penulis novel Islam terkenal di Indonesia. Hadirnya merupakan pengungkit novel-novel Islami di Indonesia melalui Ayat-Ayat Cinta. Novel yang berkisah tentang kisah cinta dengan latar negeri seribu menara ini sukses menggetarkan jagad literasi Indonesia. Novel inilah kemudian membuat kerinduan pembaca akan novel-novel Islami memuncak. Sampai novel-novel sejenis lain bermunculan. Namun tetap nama Habiburrahman El Syirazi yang menjadi tonggak sejarah bergulatnya novel Islami di Indonesia.

  1. Asma Nadia

Asma Nadia adalah novelis dari kalangan wanita yang paling sukses. Buku-bukunya selalu berjubel di toko-toko buku. Ia memiliki daya produktivitas dibandingkan dengan novelis-novelis lainnya. Surga tak Dirindukan, kemudian Emak Ingin Naik Haji, dan beragam novelnya selalu mengundang decak kagum pembaca. Apalagi jika penulis ini membawa unsur cinta, kekecewaan dan kesetiaan dicampur sedemikian rupa. Penulis novel islam terkenal di Indonesia ini sudah tercatat dalam sejarah Indonesia.

  1. Ahmad Fuadi

Ahmad Fuadi merupakan novelis Islami dengan genre motivasi pertama yang menggemparkan melalui Negeri Lima Menara. Berkisah tentang santri yang ingin menembus cita-cita hingga ke ujung dunia, novelis ini mampu hadir di bumi motivasi Islam yang sudah rindu mata air cerita. Ciri khas yang dibawanya adalah membawa semangat pembaca, terangkat jiwa, dan selalu ingin menggapai apa yang sudah digapai oleh tokoh-tokoh yang ada di dalam cerita. Ahmad Fuadi adalah representasi novelis motivasi islami.

  1. Tere Liye

Selalu kehabisan kata untuk seorang Darwis Tere Liye. Ia sangat produktif sekali, di luar kemampuan novelis-novelis biasanya. Ia mampu menghadirkan lebih dari satu novel di setiap tahunnya. Tere Liye menghadirkan gaya cerita yang lugas, tidak butuh banyak metafora, dan menyasar langsung ke persoalan-persoalan yang dirasakan saat ini. Novel-novel Islaminya sudah difilmkan. Bahkan pembacanya sudah antri untuk membaca karya-karya Tere Liye lainnya. Novel Negeri Para Bedebah adalah gambaran gaya Tere Liye sebagai penulis novel Islam terkenal.

  1. Andrea Hirata

Andrea Hirata adalah sebuah kecelakaan yang sangat menginspirasi Indonesia. Konon Andrea Hirata tidak sengaja menerbitkan, hanya didorong oleh temannya, novelnya justru meledak di tengah gersangnya inspirasi dunia pendidikan Indonesia. Karya terakhir yang kami dapatkan adalah Ayah, novel-novel Andrea Hirata selalu membawa kecerdasan bahasa yang tidak lazim. Sehingga menyadarkan betapa pentingnya menulis dengan unsur kecerdasan. Cerita yang dibawakan Andrea Hirata sedikit pun tidak klise, bukan cinta, bukan drama, semua adalah kejadian yang terbawa dari pengalaman emosional penulisnya.

  1. Helvy Tiana Rossa

Inilah novelis Islami penanam tonggak sejarah awal di Indonesia dengan gerakan literasi melalui An Nida. Meskipun majalah itu sekarang entah di mana rimbanya. Tapi Helvy Tiana Rossa hadir membawa gerbong teman-teman pergerakan Islam untuk bisa ikut andil mencerdaskan bangsa melalui pena. Bersama adiknya, Asma Nadia, dua novelis wanita ini menjadi sepasang sejoli dalam dunia literasi ketika itu. Kini Helvy lebih sering terjun sebagai Dosen dan sudah semakin jarang melahirkan karya.

  1. Ma’mun Affany

Penulis Novel Islam Terkenal di IndonesiaMa’mun Affany adalah penulis romantis Islami yang menggunakan bahasa sederhana, tapi sangat merasuk di setiap pembaca. Novelnya menembus layar lebar dengan judul Kehormatan di Balik Kerudung. Identitas novelnya selalu berbau penghormatan pada wanita, atau penekanan pada tokoh wanita yang kental. Genre ini kemudian menjadi tren inspiratif di kalangan remaja putri. Ma’mun Affany dengan karya seperti 29 Juz Harga Wanita, Satu Jodoh Dua Istrikharah, dan beragam novel lainnya, telah memikat hati pembacanya. Seperti mantra yang menghanyutkan, novel-novelnya mampu menjatuhkan air mata pembacanya.

Inilah tujuh novelis islam terkenal di Indonesia, semoga bisa sebagai rujukan dan mejadi motivasi bagi kita semua.

Share This:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *