7 Hal Terbaik dari Al Hikmah Boarding Batu

Posted by

Di Batu beberapa Islamic Boarding School berdiri megah. Al Izzah, Tazkia, Ar Rahmah, juga beberapa boarding school terbaik lainnya. Tidak lupa Al Hikmah Boarding School Batu. Nama yang terakhir kami sebut cukup menyita perhatian karena besarnya lahan yang dimiliki dan sistem pendidikan yang berbeda.

Kami berkesempatan datang ke Boarding School yang bertempat di Giripurno Batu. Sekitar lima menit selepas Jatim Park Dinosaurus dari arah Singosari. Kami juga sempat berbincang-bincang dengan pengelola, Ust. Edy, dan Ust. Mim Saeful Hadi. Beberapa hal kami lihat kelebihan dan kekuranngannya.

Karena panduanterbaik.id adalah website yang mengulas hal terbaik. Maka kami akan menyampaikan 7 hal terbaik dari Al Hikmah Boarding Batu yang kami temukan.

Sekolah Berpengalaman

Al Hikmah Boarding School Batu memang baru berdirii sekitar tahun 2018, atau mulai dibangun sejak 2016. Namun demikian, Al Hikmah sebenarnya adalah lembaga sudah matang dalam mengelola sekolah Islam di Surabaya. Sejak tahun 1990 sekolah ini berdiri. Bisa dikatakan pelopor full day School.

Khusus untuk jenjang SMA, Al Hikmah dikenal sebagai sekolah yang menjadi rujukan. Bahkan masuk dalam salah satu profil SMA di buku Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud. Artinya Al Hikmah sudah diakui resmi sebagai salah satu SMA terbaik di Indonesia.

Prestasinya cukup prestisius. Secara nasional prestasinya cukup banyak. Kita tidak akan menyebutkannya. Tapi sebagai gambaran, 50-60% masuk perguruan tinggi negeri. Kemudian rata-rata 8% setiap tahunnya, siswa SMA Al Hikmah melanjutkan ke luar negeri. Rata-rata ke Eropa, seperti Jerman. Oleh sebab itu salah satu hal terbaik dari Al Hikmah Boarding Batu adalah pengalamannya dalam menangani sekolah. Selengkapnya di sini.

Terbaik dari Al Hikmah
Gedung utama Al Hikmah Boarding School

Pendidikan Fokus Jenjang SMA

Banyak lembaga pendidikan menangani semua jenjang. Tapi hasilnya biasa. Tidak begitu istimewa. Justru yang memiliki fokus pendidikan pada jenjang tertentu menghasilkan pendidikan yang istimewa. Seperti Gontor yang khusus SMP dan SMA. Atau Sidogiri yang juga di jenjang yang sama. Spesialis itu memang penting, bahkan di lembaga pendidikan.

Salah satu hal terbaik dari Al Hikmah Boarding School adalah fokusnya pada jenjang pendidikan menengah atas. Fokus inilah yang membuat pendidikan terasa spesifik. Gurunya pun menangani dengan spesifik. Yaitu penanganan kedewasaan siswa.

Usia 15 tahun, di mana baru masuk SMA, adalah salah satu masa-masa tersulit untuk mendampingi anak. Mereka ingin dianggap dewasa, mereka juga ingin kebebasan. Pendidikan di Al Hikmah disediakan untuk hal-hal tersebut. Sehingga yang disediakan adalah pemantapan kedewasaan dan penyiapan untuk masuk ke jenjang universitas terbaik di Indonesia bahkan dunia.

Fasilitas SMA Al Hikmah Islamic Boarding School Batu Malang

Kurikulum Millenial

Kurikulum adalah nyawa dari pendidikan. Maka jika ingin melihat kualitas pendidikan bisa dilihat dari kurikulum yang digunakan. Di sinilah menurut kami hal terbaik dari Al Hikmah Boarding School Batu.

Kurikulumnya memang menganut kepada diknas, tapi mereka punya gaya yang disebut Self Directed Learning. Yang dengan kalimat sederhana bisa dijelaskan sebagai pendidikan yang berpusat pada potensi siswa.

Sehingga ketika siswa ternyata memiliki bakat lebih di Matematika, ada pendampingan khusus untuk keahlian pada materi tersebut. Juga jika ingin matang di Fisika, ada pendampingan khusus. Sudah tentu butuh guru banyak, dan butuh guru yang berkualitas, dan Al Hikmah sudah berpengalaman dalam pendampingan demikian di sekolah Surabaya.  

Maka setiap siswa bisa memiliki jam pelajaran panjang hingga 12 jam, tapi dipacu oleh passion siswa itu sendiri.

Yang dipacu adalah kemandirian belajar. Prinsipnya, di era millennial akan banyak hal perubahan yang berjalan sangat cepat. Maka yang dibutuhkan adalah kemampuan untuk belajar dengan cepat. Al Hikmah menyediakan siswa yang mampu menghadapi perubahan itu di masa yang akan datang.

Diskusi Proposal Hidup Siswa

Optimalisasi Potensi Siswa

Nomor empat menjadi nilai cukup penting di Al Hikmah. Karena mampu menggali bakat setiap siswa, maka potensi siswa di Al Hikmah akan berjalan dengan optimal. Bukan dengan ekstrakulikuler, atau jam tambahan. Tapi setiap siswa didisain dengan pelajaran formal dengan tambahan jam yang dikehendaki siswa.

Di Al Hikmah setiap anak ketika masuk dituntut membuat proposal hidup. Cita-cita yang ingin dicapai. Ada yang menulis diplomat ulung di usia tiga puluhan. Ada yang ingin menjadi pengusaha terkaya di usia empat puluhan. Semua tertulis. Tugas guru di Al Hikmah mengantar anak mencapai cita-cita itu.

Hal terbaik di Al Hikmah yang kita temukan ini juga didiskusikan dengan orang tua siswa sebelum melangkah lebih jauh. Artinya anak dan orang tua benar-benar sepakat untuk mencapai hal tersebut. Kami belum menemukan ini di sekolah wilayah Jawa Timur. Maka ini menjadi salah satu pilihan istimewa.

Seleksi Berjenjang

Al Hikmah Boarding School dikenal memiliki biaya masuk yang cukup tinggi untuk wilayah Jawa Timur, 60 jutaan. Biasanya sekolah dengan biaya sebesar ini tidak menetapkan seleksi ketat. Tapi tidak dengan Al Hikmah.

Pada tahun 2019, sudah ada sekitar 50 yang mendaftar, namun ternyata yang diterima hanya sekitar 30-an. Bagi kami itu adalah hal ajaib. Terlebih seleksinya tidak hanya kepada siswa, tapi juga kepada orang tua.

Yang digali adalah latar belakang pendidikan kepada anak. Dari penggalian ini menjadi data utama agar mendapatkan pola menyentuh siswa secara personal dengan optimal. Jika pendidikan agama kurang, maka yang ditekankan adalah pendidikan agama. Jika pendidikan kemandirian kurang, maka pendidikan kemandirian yang diutamakan.

Intinya ingin menyempurnakan masa kedewasaan siswa. Oleh sebab itu menjadi hal terbaik dari Al Hikmah yang bisa kami temukan ketika berkunjung.

Kegiatan Ektra Bersama di Al Hikmah Boarding School Batu

Islam Semua Golongan

Dari nama sudah terlihat bahwa Al Hikmah Boarding School Batu adalah Islamic Boarding School. Maka yang sering menjadi pertanyaan adalah kiblat dari pendidikan Islam yang diterapkan. Apakah berafiliasi ke ormas, atau ke madhab tertentu.

Ternyata Al Hikmah berbeda. Di Al Hikmah yang ditekankan adalah ibadah amaliah mengikuti sunnah. Artinya lebih kepada pembiasaan seperti shalat tahajud, shalat dhuha, puasa senin kamis, dan lain sebagainya.

Adapun secara keilmuan tentu bukan menjadi penekanan utama. Karena Al Hikmah adalah pendidikan formal yang bernuansa agama, bukan pendidikan agama seperti pesantren yang bernuansa formal. Maka sains menjadi titik penting, seperti layaknya Insan Cendekia yang didirikan oleh BJ. Habibie.

Melatih Kemandirian

Meskipun Al Hikmah Boarding Batu adalah kampus dengan fasilitas cukup bagus. Kamar bermodel cottage, kamar mandi dua di dalam, kemudian faislitas lain yang mumpuni, namun jiwa kemandirian ternyata dipupuk dengan tinggi.

Jika banyak boarding school menerapkan pencucian baju dititipkan laundry, tidak dengan sekolah di ketinggian 890 di atas permukaan air laut ini. Semua dikerjakan sendiri. Merapikan kamar, mencuci baju, sampai menyapu lantai.

Awalnya tentu berat. Namun yang dididik sebenarnya selain kemandirian adalah rasa tanggung jawab. Di sinilah kedewasaan siswa di Al Hikmah Boarding dipupuk dengan optimal. Maka kami masukkan sebagai salah satu hal terbaik dari Al Hikmah Boarding School.

Inilah beberapa hal terbaik di Al Hikmah yang kami temukan. Jika dirasa ada yang kurang pas bisa dicantumkan di kolom komentar.

Diskusi dengan Orangtua tentang cita-cita

Share This:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *