6 Pondok Pesantren Terbaik di Rembang

Posted by

Pesantren terbaik di Rembang cukup banyak. Hal ini karena Rembang dikenal sebagai kota layaknya pasuruan, di mana banyak pesantren klasik yang ada di wilayah tersebut. Terutama karena wilayah pantura, di mana dulu Wali Songo memulai dakwahnya di wilayah pesisir.

Pesantren terbaik di Rembang yang kami nilai berdasarkan proses pendidikan, sistem pesantren, alumni, juga berdasarkan kepopuleran yang beredar di masyarakat dan internet. Inilah lima pesantren terbaik di Rembang berdasarkan review panduanterbaik.id.

Al Anwar, Sarang

Nama pesantren ini melambung dengan sering munculnya Mbah Maimun Zubair di kancah perpolitikan plus juga pengaruhnya yang cukup besar. Mbah Maimun memang sesepuh di pesantren yang dikenal dengan pendidikan klasik.

Letaknya di Sarang, oleh sebab itu pondok ini sering disebut dengan pesantren Sarang, Rembang. Hampir semua tokoh nasional jika ingin masuk Jawa Tengah, selalu sowan ke pesantren ini. Calon presiden Jokowi dan Prabowo pun berkunjung ke pesantren ini.

Yang istimewa dari pesantren ini adalah pendidikan dengan pola klasik yang biayanya cukup murah. Bayangkan untuk satu bulan biayanya hanya puluhan ribu rupiah saja. Sangat berbeda dengan pesantren-pesantren modern yang berbiaya hingga jutaan. Oleh sebab itu pesantren dengan santri berjumlah dua ribuan lebih ini tidak ragu kami masukkan sebagai salah satu pesantren terbaik di Rembang.

Raudhatut Talibin, Lateh

Anda mungkin sedikit asing mendengar nama pesantren Raudhatut Thalibin. Tapi Anda pasti tidak asing dengan seorang Gus Mus. Ya, pesantren ini sebenarnya lebih dikenal dengan pesantren Rembang Bisri Musthafa, pendiri dari pesantren tersebut.

Namun demikian di era modern, pesantren ini justru namanya populer seiring naiknya popularitas Gus Mus terutama dengan karya tulisnya dalam bidang sastra. Anak pendiri pesantren Raudhatut Thalibin ini memang dikenal memiliki sair-sair menawan. Salah satu yang kami suka adalah negeri amplop.

Pola pendidikan di pesantren Gus Mus ini adalah pola klasikal dengan model Bandongan dan Sorogan. Yaitu mengaji besar, dengan dipandu satu kyai yang membahas sebuah kitab. Namun demikian pola madrasah juga berkembang di pesantren ini dengan baik. Madrasah ibtidaiyah dll. Oleh sebab itu kami masukkan pesantren ini sebagai pesantren terbaik di Rembang.

Al Quran, Kragan.

Seperti umumnya pesantren di Rembang, pondok pesantren yang nomor tiga ini juga lebih dikenal karena pengasuh pesantrennya, Gus Baha’. Pondok pesantren al Quran, karena lebih banyak kajian Quran ini terletak di Narukan, Kragan.

Pesantren ini adalah wujud dari cinta terhadap al Quran. Gus Baha’ dikenal sebagai seorang alim ulama yang memiliki kedalaman ilmu al Quran, namun beliau justru tidak mashur. Lebih senang dalam kajian keilmuan. Oleh sebab itu pesantren ini adalah pesantren terbaik dalam pendidikan Al Quran.

pesantren terbaik di rembang
sumber: antara

Al Hidayat, Lasem

Nama Lasem adalah nama daerah. Lebih mashur dari nama pesantren Al Hidayat. Lasem juga dikenal sebagai sebuah daerah dengan komplek banyak pesantren. Al Hidayat adalah salah satu pionirnya. Berdiri sejak 1916, pesantren ini menjadi salah satu pesantren rujukan di Jawa Tengah.

Sistem pendidikan yang ada di dalamnya klasik, khas sorogan dan bandongan. Pendidikannya pun bermodel ngaji kitab kuning dengan pendalaman alfiah, kitab fiqh, dan aqidah. Oleh sebab itu dari sini pula lahir banyak alim ulama. Saat ini ada sekitar 1500-an santri.

Ada yang unik di pesantren Lasem. Karena pesantren ini dikenal sebagai salah satu tempat awal datangnya etnis China, maka disain pondok seperti kota pecinan, warna merah sangat dominan di pesantren ini. Yang dijunjung terutama adalah toleransi antar etnis. Cukup unik jika melihat dan berkeliling di dalamnya. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Rembang.  

Ma’hadul Ulum Asy Syariyah (MUS), Sarang

Pesantren ini memiliki santri berjumlah 1.200. Di Bawah asuhan KH. Abdurrochim Ahmad. Pesantren ini tidak jauh dari Al Anwar dan memiliki jenjang pendidikan dari Tarbiyatul Athfal hingga dewasa. Bahkan santri putri berjumlah 400-an. Namun demikian, sayangnya tidak banyak berhasil kami gali informasi mendalam tentang pendidikan di pesantren ini.

Akan tetapi kami tidak mengesampingkan bahwa MUS adalah salah satu yang terbaik di Rembang.

Pesantren An Nur, Lasem

Pesantren An Nur memiliki tempat yang sama dengan pesantren Al Hidayat, Lasem. Pesantren ini dikenal dengan karakter mirip dengan pesantren-pesantren klasik lainnya di wilayah Rembang. Namun karismatik Gus Qayyim cukup kuat. Terlebih adalah cucu Mbah Cholil, salah satu yang berperan dalam berdirinya Nahdhatul Ulama.

Gus Qayyim dikenal sebagai seorang Kyai yang memperhatikan karakter. Beliau menyampaikan, orang berilmu cukup banyak, kyai punya pesantren cukup banyak, tapi yang berkarakter tidak banyak. Pesantren ini pada akhirnya memiliki santri ribuan.

Gus Qoyim Pesantren Terbaik di Rembang
Gus Qoyyim memberikan pengajian

Inilah beberapa pesantren terbaik di Rembang, yang bisa dijadikan tempat mengemban ilmu dan pendidikan terutama dalam aspek pendidikan Islam dengan model klasik. Jika ada kesalahan, atau tambahan informasi bisa ditulis di kolom komentar untuk kami revisi.  

Share This:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *