pesantren terbaik di Tuban

5 Pondok Pesantren Terbaik di Tuban

Posted by

Pondok pesantren terbaik di Tuban yang paling banyak dikenal adalah Langitan. Namun ada banyak pondok pesantren terbaik di Tuban yang bisa menjadi destinasi pendidikan pondok pesantren, terutama di wilayah Jawa Timur, dan Jawa Tengah, mengingat Tuban dekat dengan Jawa Tengah. Berikut beberapa pondok pesantren terbaik di Tuban.

Langitan, Widang.

Pondok pesantren langitan bukan hanya pesantren terbaik di Tuban, tapi salah satu yang terbaik di Jawa Timur, Bahkan Indonesia. Namanya melejit karena banyak alumni dari pesantren di Widang ini yang menjadi pimpinan pondok pesantren.

pesantren terbaik di Tuban

Shalawat Nabinya juga tersebar ke seluruh penjuru nusantara. Namun yang istimewa dari pesantren ini tentu karena fokus pendidikan keislaman yang mendalam dengan model klasik. Uniknya, Langitan adalah pesantren yang sangat keras melarang rokok. Padahal pesantren NU kebanyakan membolehkan. Oleh sebab itu Langitan menjadi salah satu pesantren terbaik di Tuban. Santrinya mencapai 10.000-an.

Assalam, Senori.

Tuban sangat identik dengan pesantren salaf, klasik. Tapi tidak dengan Assalam, Senori. Pesantren ini menggunakan sistem modern. Motonya persis dengan pondok pesantren Gontor yang menjadi basis pesantren modern di Indonesia. “Berdiri di Atas dan untuk Semua Golongan”. Santrinya kira-kira 5000-an.

Bahkan dari segi jadwal kegiatan pun sangat mirip dengan yang ada di pesantren Gontor. Dari kegiatan harian, mingguan, sampai bulanan. Yang menjadi istimewa di Tuban dari pesantren ini adalah identitas Modern. Karena tidak banyak pesantren besar modern di Tuban. Oleh sebab itu Assalam menjadi salah satu rekomendasi pondok pesantren terbaik di Tuban.

Al Hikmah, Singgahan.

Al Hikmah Tuban terletak di Singgahan. Pondok pesantren ini menganut metode salaf, namun dengan identitas tersendiri. Bahkan salah satu keunggulan pesantren ini adalah kampusnya STAI Al Hikmah. Jumlah santri total kisaran 3000.

Jenjang pendidikannya lengkap, TK, MI , MTS , MA. Sedangkan pola pendidikan agamanya dengan pola sorogan dan ngaji kitab. Oleh sebab itu Al Hikmah kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Tuban.

Sunan Bejagung, Semanding.

Pesantren yang satu ini bisa dikatakan lebih kecil dari pesantren yang kami sebutkan sebelumnya. Santrinya, sekitar 1000-an. Namun jika menilik dari pola pendidikan yang ada di dalamnya, maka pesantren ini tidak kalah bagus. Sunan Bejagung menjadi alternatif pendidikan pesantren karena antara pendidikan agama dan formal lengkap.

Al Hidayah, Singgahan.

Pondok pesantren salaf ini sebenarnya cukup besar. Santrinya berkisar 7000-8000-an. Namun entah mengapa di Jawa Timur tidak begitu banyak terdengar. Al Hidayah, Singgahan, adalah salah satu pesantren terbaik di Tuban dengan kurikulum pendidikan klasik.

Bahkan pesantren ini berdiri pada tahun 1980, tergolong sudah berumur. Artinya secara kelembagaan sudah cukup baik.

Inilah beberapa pondok pesantren terbaik di Tuban. Jika ada yang mengusulkan pesantren terbaik lain, atau mengusulkan tambahan informasi dan revisi dari lima pondok pesantren terbaik yang sudah kami sampaikan, bisa mengisi di kolom komentar.

Share This:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *