5 Pesantren Terbaik di Probolinggo

Posted by

Pesantren terbaik di Probolinggo yang kami review di sini adalah pesantren dengan pendidikan terbaik, juga sudah berdiri lama, alumni banyak, dan sudah memiliki usia cukup matang. Sehingga menjadi daya tarik bagi calon santri untuk hadir. Probolinggo sendiri sebenarnya adalah kota kecil tetangga Pasuruan. Namun demikian cukup banyak pesantren yang ada di dalamnya.

Berikut 5 pesantren terbaik di Probolinggo.

Paiton, Nurul Jadid

Pesantren ini memiliki santri sekitar 7000-an. Kami hadir ke pondok ini di tahun 2017. Pesantren ini cukup besar. Areanya luas. Pesantren ini dikenal memiliki jenjang pendidikan yang cukup lengkap. Dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi ada. Rata-rata santrinya berasal dari Jawa Timur.

Keistimewaan pesantren ini pada aspek pengelompokan asrama berdasarkan minat. Jika biasanya di Gontor dikelompokkan berdasarkan usia, atau di pesantren lain berdasarkan daerah, Nurul Jadid justru berdasarkan minat dan bakat. Meskipun basisnya pesantren klasik, tapi nuansanya sedikit modern.

Maka di pesantren ini ada asrama khusus untuk penghafal Quran, ada pula yang khusus untuk pembelajar bahasa Arab, pembelajar bahasa Inggris, ada juga khusus jurnalistik. Saya pernah diberi majalahnya, seperti layaknya Tempo. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam 5 pesantren terbaik di Probolinggo.

Genggong, Zainul Hasan.

Pesantren ini adalah salah satu yang tertua di Probolinggo, 1839. Pesantren ini pun paling memegang tradisi ulama NU. Pondok ini dipimpin KH. Hasan Mutawakkil ‘Alallah, ulama NU Jawa Timur. Jumlah santrinya juga tidak berbeda jauh dengan Nurul Jadid.

Pesantren Genggong lebih kental nuansa klasik. Sorogan, Bandongan, dan Wetonan adalah tradisi yang sudah lama mengakar. Khas pesantren salaf. Namun demikian seiring berjalannya waktu pesantren ini bertamorfosa menjadi lebih modern. Terutama ditandai dengan masuknya pendidikan formal yang berkiblat pada Depag.

Prestasi yang baru adalah meraih juara tiga pada Event Engineering Science Internasional Competition di Kuala Lumpur Malaysia. Sehingga pesantren ini kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Probolinggo.

Al Masduqiyah

Pesantren Al Masduqiyah juga salah satu pesantren terbaik di Problinggo. Pesantren ini berdiri pada tahun 1998, namun pesantren ini berkembang cukup pesat. Perkembangan pesatnya dalam sudut pandang kami karena pesantren ini tergolong memiliki sistem modern sedari awal berdirinya.

Jika Anda akrab dengan pesatren Gontor, al Mashduqiyah adalah pesantren yang berkiblat ke rujukan pesantren modern tersebut. Dari motonya “Berdiri di Atas dan Untuk Semua Golongan” adalah moto yang sering digaungkan di Gontor.

pesantren terbaik di Probolinggo
al mashduqiyah

Secara kurikulum pun sama. Tidak banyak perbedaan, bahkan buku-bukunya pun impor dari Gontor. Hal yang sangat identik dengan pesantren ini adalah kedisiplinan, dan kemandirian yang diajarkan langsung melalui organisasi yang ada di pesantren.

Kurikulumnya tidak menganut ke depag atau diknas, memiliki kurikulum sendiri seperti Gontor. Setiap santri yang masuk akan melewati pendidikan selama 4 atau enam tahun. Oleh sebab itu al Mashduqiyah termasuk pesantren terbaik di Probolinggo.

Paiton, Nurul Qadim

Nurul Qadim terletak di daerah yang sama dengan Nurul Jadid. Namun pesantren ini memiliki ciri khas dalam memegang pendidikan pesantren klasik dengan kuat. Pendidikan kitab kuning, menghafal nadzam alfiyah menjadi unsur pokok.

Nama Nurul Qadim naik di tahun 2015-an seiring dengan naiknya grup shalawat dari Nurul Qadim. Gus Azmi merupakan daya tarik dan menjadikannya mashur di Youtube. Pada akhirnya nurul Qadim pun melambung namanya.

Meskipun unsur klasik sangat kental, namun pendidikan formal juga tidak ditinggalkan. Pendidikan formal akan dirasakan santri pada jam tujuh hingga siang. Selepasnya pendidikan keislaman. Tafsir yang dipelajari secara formal adalah Tafsir Jalalain. Dengan model demikian pesantren ini menjadi daya tarik bagi wilayah Jawa Timur yang mengedepankan pendidikan keislaman dan akhlaq. Oleh sebab itu kami masukkan sebagai pesantren terbaik di Probolinggo.

  • Mohon Usulan

Inilah beberapa pesantren terbaik di Probolinggo. Hal yang sering kami temukan di banyak pesantren yang sudah kami bahas adalah, rata-rata santrinya berbahasa Madura. Oleh sebab itu santri lebih banyak memang berasal dari wilayah Tapal Kuda.

Jika ada usul dan revisi, bisa dicantumkan ke kolom komentar.

Share This:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *