5 Pesantren Terbaik di Jombang

Posted by

Jombang adalah kota pesantren. KH. Hasyim Asyari yang identik dengan Nahdlatul Ulama juga berasal dari Jombang. Sehingga pesantren sangat banyak di kota ini. Bahkan Jombang memiliki julukan kota santri. Oleh sebab itu kami berusaha mereview beberapa pesantren terbaik di Jombang.

Pesantren Tebu Ireng

Tebu ireng adalah pesantren legendaris karena berdiri 1899. Tebu Ireng menjadi sumber pesantren-pesantren lainnya di Jawa Timur atau Madura. Banyak pimpinan pesantren di Jawa Timur berasal dari pesantren terbaik di Jombang Ini.

Tebu Ireng dulunya memiliki identitas sebagai pesantren klasik yang memiliki model pendidikan dengan ngaji sorogan dan bandongan. Sampai sekarang pun masih ada, namun secara keseluruhan lebih diunggulkan aspek pendidikan formal. Seperti Boarding School. Bahkan Tebu Ireng memiliki sekolah khusus sains.

Oleh sebab itu secara aspek kepesantrenan bisa dikatakan sudah tidar murni klasik. Mengikuti perkembangan zaman. Menekankan aspek pendidikan formal. Namun demikian dengan sejarah yang dimilikinya, Tebu Ireng adalah salah satu pesantren terbaik di Jombang.

Pesantren Darul Ulum

Pesantren Darul Ulum bisa dikatakan sebagai pesantren yang cukup besar di Jombang. Terletak bagian timur kota Jombang, dekat dengan Mojoagung. Areanya cukup luas. Jika naiki kereta, sekolahnya akan terlihat besar.

Darul Ulum yang awalnya adalah pesantren klasik, dengan ngaji sorogan dan bandongan, kini juga sudah mulai transformasi. Rata-rata yang ke Darul Ulum menyasar pendidikan formal Boarding School.

Darul Ulum memiliki kelebihan sekolah dengan kurikulum cambridge. Padahal di Jawa Timur masih sangat sedikit yang menggunakan hal demikian. Sehingga aspek pesantrennya bisa dikatakan tidak sekuat dulu.

Yang unik adalah aspek asrama. Di pesantren ini asramanya tidak di bawah satu naungan manajemen. Tapi terpisah-pisah antara satu manajemen dengan yang lain. Mau pilih yang biasa, atau yang sedikit bagus, di Darul Ulum ada. Namun demikian Darul Ulum tetap menjadi pesantren terbaik di Jombang.

Pesantren Walisongo Cukir

Jika mencari pesantren perempuan, salah satu yang kami rekomendasikan adalah pesantren Walisongo. Tebuireng, dan Darul Ulum adalah dua pesantren yang menampung santri dan santriwati, tapi Walisongo, kami pernah mengunjungi, adalah pesantren putri.

Terletak di sebelah pesantren Tebuireng, pesantren ini memiliki santri yang cukup banyak dan khusus putri. Sehingga secara pendidikan memang dikhususkan untuk pendidikan santriwati.

Yang istimewa pendidikannya meliputi diniyah, dirasal Al Quran, tahfidz Quran, dan lughat Arabiyah, artinya meliputi pendidikan agama, khusus al Quran dan menghafal, serta pendalaman bahasa arab. Oleh sebab itu santriwati di Walisongo Cukir cukup banyak sekali. Kami rekomendasikan sebagai pesantren terbaik di Jombang, terutama pesantren putri.

Pesantren Madrasatul Quran

Madrasatul Quran lahir dari rahim pesantren Tebuireng di tahun 1970-an. Awal mula tempatnya pun di kompleks pesantren Tebuireng. Namun pesantren ini memiliki fokus dalam pendidikan al Quran. Sehingga yang istimewa dari pesantren ini adalah tahfidz Quran. Meskipun banyak pesantren lain yang juga memiliki sisi tahfidz Quran, namun tidak banyak pesantren di Jombang yang lebih fokus pada tahfidz Quran selain Madrasatul Quran.

Pembagian pembelajarannya diawali dengan qiraah bin nadzar, dengan kata lain tahsin, perbaikan memeriksa bacaan setiap santri. Baru kemudian naik ke hafalan al Quran. Jika sudah bisa akan naik lagi ke pembelajaran qiraah sab’ah, yaitu tujuh macam jenis membaca al Quran.

Ada metode unik dalam menghafal al Quran yang dilakukan oleh pesantren tahfidz Quran Madrasatul Quran, yaitu tiga orang selepas magrib. Tiga orang mendengarkan bergantian hafalan. Mereka dikelompokkan berdasarkan kecepatan kemampuan menghafal. Efeknya, santri selalu memiliki teman sebaya menghafal dan merasa senang menghafal sebelum setor hafalan ke ustadznya. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Jombang.  

Pesantren Denanyar

Denanyar sebenarnya adalah nama tempat, seperti layaknya Tebuireng, atau Gontor, nama asli pesantrennya adalah Mamba’ul Ma’arif. Pesantren ini bisa dikatakan di antara beberapa yang kami ulas adalah pesantren yang cukup klasik. Meskipun ada MTS sekolah formal lainnya, namun secara nuansa lebih tradisional dari Tebuireng atau Darul Ulum.

Namun demikian justru pesantren ini mendapatkan banyak peminat bagi yang ingin fokus untuk belajar agama, terutama belajar dengan model sorogan dan bandongan, langsung ke kyai mengkaji kitab kuning.

Pesantren ini juga lengkap putra dan putri. Santrinya ribuan, termasuk salah satu pesantren terbesar di Jombang. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Jombang.

Jika ada usulan lain, atau ada usulan tambahan konten yang sudah kami tulis bisa dimasukkan di kolom komentar.

Share This:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *