5 Pesantren Terbaik di Jawa Tengah

Posted by

Pesantren di Jawa Tengah sangat melimpah. Hampir miripdengan wilayah Jawa Timur. Identitas yang melekat biasanya ada unsur ritual nahdhatul ulama. Beberapa bernafaskan modern. Berikut kami sajikan beberapa pesantren terbaik di Jawa Tengah.

  1. Mathla’ul Falah, Kajen Pati

Mathla’ul Falah sering juga disebut sebagai Matole. Entah karena penyebutan yang lebih mudah atau disesuaikan dengan lidahorang Jawa Tengah, namun saya sering berbincang dengan alumninya pun menyampaikan bahwa mereka kuliah di Matole.

Pesantren ini bisa dikatakan seperti Sidogiri di Jawa Timur. Modelnya klasik dengan sistem kalender hijriah. Sehingga seperti Gontor yang selalu masuk di bulan Syawal, selepas lebaran. Menurut kami, keteguhan memegang prinsip ini menjadi salah satu faktor menjadi pesantren terbaik di Jawa Tengah.

Uniknya lagi, Mathla’ul Falah menerima semua yang mendaftar, hanya saja nantinya akan melewati beberapa proses. Tapi intinya tidak akan ada yang ditolak. Nantinya diklasifikasikan berdasarkan kemampuan.

Ada 3 hal yang istimewa di pesantren ini,pertama Bahasa Arab tidak hanya dijadikan mata pelajaran, tapi karya tulis bahasa arab dijadikan syarat kelulusan. Wow. Kemudian tes al Quran dan beberapa kitab pelajaran pokok. Tentu saja alfiyah menjadi unsur wajib. Oleh sebab itu pesantren di Pati ini menjadi salah satu yang terbaik di Jawa Tengah.

Ada 3 hal yang istimewa di pesantren ini, pertama Bahasa Arab tidak hanya dijadikan mata pelajaran, tapi karya tulis bahasa arab dijadikan syarat kelulusan. Wow. Kemudian tes al Quran dan beberapa kitab pelajaran pokok. Tentu saja alfiyah menjadi unsur wajib. Oleh sebab itu pesantren di Pati ini menjadi salah satu pesantren terbaik di Jawa Tengah.

2. Yanbu’ul Quran, Kudus

Yanbu’ul Quran, atau sering yang disebut Yanbu’a merupakan pondok tahfidz quran. Meskipun sebenarnya banyak jenjang, namun pesantren ini lebih kental pada usia dini, atau usia sekolah dasar. Hasilnya akan sangat baik. Pesantren di Kudus ini pada akhirnya menjadi banyak cikal bakal pesantren tahfidz di seluruh Indonesia.

Bahkan wilayah Kudus konon disebut sebagai kota pesantren al Quran karena banyaknya alumni Yanbu’a yang membuat pesantren Quran di sekelilingnya.

Secara hafalan pun, banyak yang mengakui bahwa di pesantren ini hafalannya memiliki kualitas yang cukup baik. Mulai dari makharijul huruf, hingga langgamnya. Bahkan kami pernah ke Isy Karima, pesantren di Jawa Timur, salah satu ustadznya pun menyampaikan bahwa Kudus adalah salah satu yang terbaik untuk pesantren tahfidz Quran.

3. Pondok Pesantren Selamat, Kendal

Pondok Pesantren Selamat berbeda dengan dua pondok pesantren di atas. Jika yang di atas adalah pesantren klasik, maka yang nomor tiga ini cenderung pesantren modern. Menggunakan sistem seperti Gontor secara aktivitas.

Istimewanya adalah status yayasan yang sudah wakaf. Artinya tidak terkait pada satu golongan, atau ormas tertentu. Biasanya konflik kepentingan internal lebih minimal. Oleh sebab itu pesantren ini layak dijadikan salah satu rujukan pesantren di Jawa Tengah.

Secara pendidikan pesantren ini menggunakan pendidikan formal pada jenjang SMP dan SMA yang sudah terakreditasi A. Namun untuk prestasi kami belum bisa melacak. Adapun pada sore hari ada sekolah diniyah.

Keistimewaan dari pesantren modern tentu saja dalam pola sistem disiplin dan pengaturan waktu yang cukup baik, disertai pengawasan yang teratur. Oleh sebab itu pesantren ini layak menjadi salah satu yang terbaik di Jawa Tengah.  

4.Darul Qiyam, Magelang

Darul Qiyam Magelang adalah pesantren cabang Gontor Ponorogo. Bukan pondok alumni, yang didirikan alumni Gontor. Darul Qiyam Magelang adalah cabang dari Gontor. Oleh sebab itu segala sesuatunya persis seperti yang ada di Gontor.

Kami sudah pernah berkunjung ke pesantren ini. Yang istimewa menurut kami adalah, di samping sistem Gontor yang sudah terkenal, dikombinasikan dengan tempat yang sangat eksotis karena berada diperbukitan.

Oleh sebab itu meskipun ini pesantren, namun tersedia kolam renang yang cukup untuk mandi banyak santri. Ditambah lagi udara yang berembus di pesantren ini juga tergolong sejuk. Kenyamanan akan terasa.

Sistem Gontor dikenal mandiri dengan pola KMI, memiliki kurikulum sendiri dengan pengantar bahasa Arab dan Inggris aktif, bukan pasif. Oleh sebab itu alumni Gontor tersebar di seluruh penjuru Dunia.

5. Rijalul Qur’an, Semarang

Pesantren yang satu ini benar-benar membuat kami trenyuh. Bagaimana tidak, menghasilkan penghafal quran, suaranya indah tapi gratis. Namanya Rijalul Qur’an, Pakintelan, Gunungpati, Semarang. Pesantren yang kecil di Semarang, namun dikhususkan untuk para dhuafa. Benar-benar gratis.

Bagi Anda yang membaca ini sempatkan sedikit donasi, insya Allah tidak akan sia-sia di Bank Syariah Mandiri (BSM)  An. Rijalul qur’an sedekah dg no 7116767672. Semua digratiskan. Padahal pelajaran dan pendidikannya istimewa.

Syarat pendaftarannya hanya tiga, Niat ikhlaskarena Allah SWT, berkomitmen menyelesaikan hafalan AlQuran 30 Juz, Mengikutiperaturan yang berlaku di pesantren tanfidz Rijalul Quran. Maka pesantren inikami masukkan salah satu pesantren terbaik di Jawa Tengah.

Share This:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *