pesantrent terbaik di cirebon

5 Pesantren Terbaik di Cirebon

Posted by

Pesantren terbaik di Cirebon adalah pesantren-pesantren yang memiliki identitas modern atau pun salaf, klasik. Kami mengelompokkan berdasarkan tingkat kepercayaan masyarakat, kualitas pendidikan, dan kepopuleran di internet. Akumulasi ini menjadikan kami mengerucutkan pada lima pesantren terbaik di Cirebon. Penilaian ini bersifat subjektif.

Buntet

Buntet adalah salah satu pesantren tertua di Jawa Barat, bahkan di Indonesia. Didirikan oleh kyai Muqayyim pada tahun 1758 maka saat ini pesantren klasik di Cirebon ini sudah menginjak usia dua setengah abad.

Pesantren ini memiliki identitas pendidikan Islam klasik dengan metode kajian kitab kuning seperti biasa pesantren salaf, pendidikan sorogan, bandongan, pasaran. Meskipun demikian seiring berjalannya waktu pendidikan formal juga masuk di kurikulum melalui sekolah MTS dan MA.

Jumlah santrinya sekarang sekitar 6000-an (liputan6.com). Santri sebanyak ini masih belum ditambah santri yang tidak menetap di pondok pesantren dengan jumlah hampir sama.

Menurut panduanterbaik.id, pesantren ini adalah magnet pesantren salaf klasik untuk wilayah Jawa Barat dan sekitarnya. Terbukti santri yang masuk di pesantren ini rata-rata berasal dari wiyah Cirebon ke Barat. Adapun Jawa Tengah justru lebih sedikit.

Pesantren ini bisa dikatakan seperti pesantren Sidogiri, Langitan, dan Lirboyo, masih sejenis. Pendalaman terhadap keilmuan dasar Islam menjadi unsur yang paling diutamakan. Saran kami jika ingin belajar agama Islam, Buntet adalah salah satu pesantren terbaik di Cirebon.

Baca: Pondok Pesantren Unik di Jawa Timur

Al Bahjah, Sumber

Pesantren Al Bahjah merupakan pondok pesantren yang baru. Berdiri sekitar 2010 pesantren ini cepat dikenal karena pimpinan pesantrennya, Buya Yahya. Namanya berkibar karena banyak beredar di youtube dan videonya seringkali muncul di forum media sosial.

Dalam sudut pandang kami, pesantren Al Bahjah bagus dari sisi menyiapkan pendakwah dengan hafalan Quran yang baik dan ilmu agama yang cukup mendalam. Oleh sebab itu pesantren ini lebih banyak unsur tahfidznya. Baru kemudian jika sudah hafal akan masuk kelas kibar, atau masuk pendalaman ilmu agama.

Bahkan untuk ekstra kulikulernya juga berdakwah di radio, sekolah-sekolah, kantor, dan majelis ta’lim. Sesuai dengan pendirinya, ini adalah pesantren dai.

Uniknya, pesantren ini tidak menerima banyak santri. Dari info di Hidayatullah.com, pesantren ini hanya menerima seratusan sekian. Memang dipola demikian agar fokus mendidik santri. Artinya pesantren ini mengedepankan kualitas.

Kurikulumnya pun sangat berbeda. Pesantren ini tidak bergantung dengan kurikulum depag, atau diknas, pesantren ini memiliki kurikulum sendiri yang mendukung dua tujuan utama, menjadi hafidz dan juru dakwah yang kompeten.

Targetnya, santrinya sudah menghafal al Quran di usia 15 tahun. Kemudian akan memperdalam ilmu syariah seperti fiqh dan lain-lain. Oleh sebab itu pesantren al Bahjah kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Cirebon.  

Pesantren Kempek, Palimanan

Pesantren Kempek sebenarnya mirip dengan pesantren klasik lainnya. Ia memiliki metode klasik dengan mengedepankan kajian-kajian mendalam kitab kuning. Pengajarannya pun menggunakan metode sorogan, bandongan, wetonan, dan pasaran. Namun demikian pesantren Kempek memiliki identitas kuat. Yaitu pada aspek al Quran.

Al Quran di pesantren ini sangat khas dan berbeda dengan pesantren lainnya. Yang diutamakan hanya tajwid dan makharijul huruf, bukan langgam. Bahkan kalau didengarkan, rasanya biasa, tidak ada yang istimewa. Namun dari segi dan tajwid dan makharijul hurufnya memang cukup bagus.

Bahkan pesantren Kempek mendidik santrinya untuk membaca al Fatihah yang benar saja harus menghadap berkali-kali. Baru kemudian juz amma dan lain sebagainya. Oleh sebab itu ada yang menyebut membaca Al Quran khas Kempek, memang sangat berbeda.

Oleh sebab itu esensi dari pesantren ini dalam sudut pandang panduanterbaik.id adalah cinta terhadap al Quran sebagai sumber ilmu dan syariat agama Islam. Sehingga kami masukkan pesantren yang berdiri pada tahun 1908 ini sebagai salah satu pesantren terbaik di Cirebon.

pesantren terbaik di cirebon
Pesantren Kempek Cirebon

Babakan Ciwaringin

Babakan Ciwaringin sebetulnya adalah nama sebuah tempat, seperti layaknya Gontor, Tebuireng, dan lain sebagainya. Namun Babakan Ciwaringin memiliki hal yang unik, yaitu kumpulan dari banyak pesantren. Istilahnya adalah desa komplek pesantren.

Dari penelusuran kami di Internet, ada sekitar 30-an pondok pesantren putra maupun putri di kawasan Babakan Ciwaringin. Sehingga segala model pesantren salaf pun ada. Bahkan hingga tahfidz putri juga ada, tinggal datang dan memilih di pesantren mana.

Di antara banyak pesantren tersebut muncul lembaga pendidikan formal seperti MI, MTS, dan MA. Sehingga sore dan malam di pesantren, pagi sekolah formal.

Rata-rata pola pendidikan di pesantren Babakan Ciwaringin adalah salaf. Menganut model seperti pesantren Buntet dan Kempek. Sorogan dan Bandongan ke kyai adalah hal yang menjadi inti pendidikan di pondok pesantren.

Bisa dikatakan, kelebihan Babakan Ciwaringin adalah komplek pesantren yang lengkap. Seperti layaknya kursus bahasa Inggris di Pare Kediri. Setiap pesantren memiliki kekhasan masing-masing yang identik. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Cirebon.

Madinatunnajah, Pabedilan

Cirebon memang dikenal sebagai gudang pesantren klasik di wilayah Jawa Barat. Namun demikian ada pesantren modern alternatif jika Anda menginginkannya. Yaitu pesantren Madinatunnajah. Pesantren ini berkiblat pada pondok pesantren modern Gontor Ponorogo.

Sesuai dengan kiblatnya, pendidikan di pesantren ini mengedepankan unsur kedisiplinan, kemandirian, sedangkan unsur pendalaman agama, tentu tidak sedalam pesantren Buntet, atau Kempek. Namun yang diutamakan di pesantren ini adalah keseimbangan kurikulum antara agama dan umum yang disatukan dalam satu kurikulum.

Meskipun demikian, secara prestasi masih bertingkat lokal, sekitar Cirebon, seperti lomba debat bahasa arab, juara satu tingkat Cirebon pada 2013. Oleh sebab itu biayanya tergolong lebih mahal dibandingkan pesantren seperti Buntet dan Kempek. Biaya pendaftaran sekitar Rp. 4.000.000,-. Oleh sebab itu kami masukkan ke salah satu pesantren terbaik di Cirebon.

Inilah lima pesantren terbaik di Cirebon. Jika ada usulan pesantren lain, atau ada tambahan keterangan tentang pesantren di Cirebon bisa cantumkan di kolom komentar.

Share This:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *