5 Pesantren Tahfidz Quran Terbaik di Indonesia

Posted by

Pesantren tahfidz Quran terbaik di Indonesia berarti juga pesantren tahfidz Quran di Jawa Timur, Jawa Tengah, bahkan di luar Jawa. Kami masukkan dalam kategori terbaik dengan kriteria dari kualitas hafalan, juga sistem asrama, metode menghafal, guru, dan yang terakhir adalah fasilitas. Berikut kami sajikan lima pesantren tahfidz Quran terbaik di Indonesia.

  1. Yanbu’ul Qur’an, Kudus

Pondok ini dikenal sebagai sumber penghafal Quran. Pondok Yanbu’a juga dikenal sebegai ragi dari pondok pesantren penghafal Quran yang menjamur di wilayah kudus. Terletak tidak jauh dari komplek makam sunan Kudus, jl. KH. Arwani kelurahan Kajeksan. Yang istimewa dari pondok ini tentu saja sistem tahfidznya yang memang dikenal sangat ketat, bahkan untuk al fatihah saja tidak cukup hanya satu minggu. Oleh sebab itu pesantren ini juga dikenal sebagai pesantren terbaik di Jawa Tengah.

Namun demikian untuk masuk pondok ini lebih disarankan di jenjang anak-anak, usia maksimal 7 tahun. Kalau sudah lebih dari tujuh tahun, maka mengikuti sistem dewasa. Sedangkan sistem dewasa hanya fokus di hafalan saja. Untuk dewasa, yang membuat berbeda, pesantren yang dirikan KH. M Arwani Amin ini memperhatikan perilaku penghafal al Quran. Kalau kiranya tidak sesuai dengan seorang penghafal Quran, maka akan ada evaluasi.

Dari pondok inilah kemudian pengajar-pengajar penghafal al Quran menyebar di seluruh Indonesia. Bahkan ketika kami ke salah satu pondok di Solo, tahfidz, ustadznya menyampaikan, kalau paling bagus kualitas hafalan, sudah dipastikan Yanbu’a Kudus.

Namun pesantren ini adalah pesantren salaf, jadi tidak seperti sistem modern. Model-model sowan ke Kyai. Karena dulu awalnya banyak santri menghadap KH. M. Arwani untuk menghafal baik bil Ghoib atau Bi Nadzar. Akhirnya santri menjamur.

  1. Darul Hikam, Mojokerto

Pondok Darul Hikam terletak di wilayah Mojokerto. Secara fasilitas pondok pesantren ini paling istimewa di antara yang lain. Meskipun secara hafalan bisa dikatakan tidak kalah dengan yang lain. Titik penekanan dari pondok tahfidz quran Darul Hikam Mojokerto adalah pesantren penghafal Quran yang khusus untuk putri.

Jenjang usianya juga tidak seperti Yanbu’a. Darul Hikam diperuntukkan untuk santriwati yang sudah dewasa, jenjang SMP dan SMA. Yang istimewa dari pesantren ini adalah keseimbangan kemampuan tahfidz dengan pendidikan umum. Oleh sebab itu tahfidz di pondok ini memakan waktu hingga 4,5 tahun untuk khatam.

Setiap anak tetap mendapatkan fokus pendidikan formal di SMA yang tersedia dalam lingkungan pesantren. SMA Darul Hikam juga dikenal sebagai SMA dengan prestasi cukup mentereng seperti juara robotic di Jepang, pernah mendapatkan sertifikat dari diknas karena mencapai nilai tertinggi dan lain sebagainya.

Ketika kami berkunjung ke pesantren tahfidz Putri ini, yang membuat kami takjub adalah asrama dengan sepuluh santriwati, ranjang tingkat, kamar luas 40 meter persegi, dan semuanya menggunakan pendingin ruangan. Oleh sebab itu santriwati terasa nyaman. Bahkan ada ekstra rutin berenang yang diadakan hanya 1,5 dari pesantren. Kalau mencari pesantren tahfidz putri yang nyaman, Darul Hikam Mojokerto menjadi jawaban.

  1. Muqaddasah, Ponorogo

Muqaddasah adalah pesantren tahfidz quran yang terletak satu wilayah dengan Pondok Pesantren Darussalam Gontor Ponorogo. Pimpinan pondoknya juga salah satu pimpinan dari Pondok Gontor. Oleh sebab itu sistem Gontor yang ketat sangat mewarnai pendidikan tahfidz di pesantren ini.

Saran kami, jika ke pesantren ini lebih baik usia anak-anak. Seperti Yanbu’a. Dari SD sudah dimasukkan. Yang unik, durasi menghafal setiap siswa bisa bergantung kemampuan masing-masing siswa. Bisa jadi ada yang lebih cepat, bisa jadi yang lebih lambat. Namun sistem yang berjalan menjadikan pondok ini memiliki durasi waktu yang mirip-mirip dengan yang lain, 4-5 tahun.

Yang istimewa dari pondok ini memang gabungan antara sistem tahfidz yang ada di pesantren-pesantren, dengan sistem Gontor untuk penerapan di asrama yang dikenal cukup baik menggembleng santri hingga menjadi santri dengan kemandirian tinggi. Oleh sebab itu kami masukkan Muqaddasah sebagai pesantren tahfidz quran terbaik di Indonesia.

  1. Sulaimaniya

Pesantren Sulaimaniya memiliki afiliasi dengan Negara Turki. Yang istimewa dan menjadikan pesantren ini adalah pesantren tahfidz terbaik di Indonesia adalah metode hafalannya, juga beasiswa yang diberikan untuk semua santri dengan seleksi yang ketat bekerjasama dengan kementrian Agama. Ada 21 cabang di seluruh Indonesia.

Santri pesantren Sulaimaniyah harus memiliki ijazah MTS, atau setara SMP, dan sudah memiliki hafalan juz 30, dan tidak boleh lebih dari 19 tahun, tapi juga tidak boleh kurang dari 13 tahun. Jenjangnya untuk dewasa. Tahap pertama harus melewati perbaikan membaca al Quran, baru kemudian menghafal.

Metode menghafal di pesantren ini tidak sama dengan semua pesantren yang kami sebutkan. Metodenya disebut dengan metode Turki Usmani. Setiap siswa akan menghafal dari lembar belakang setiap juz, kemudian naik ke lembar halaman sebelumnya dan seterusnya. Hasilnya, santri mampu menghafal satu tahun, bahkan paling lama antara 2-3 tahun sudah hafal.

Setiap santri juga belajar sorof, dan nahwu, juga belajar bahasa Turki untuk menjadi bekal karena nantinya diproyeksikan belajar di Turki.

  1. Darul Huffadz 77, Bone

Pesantren tahfidz quran terbaik selanjutnya berada di luar Jawa. Pesantren ini mashur dengan nama 77, yang sebenarnya adalah nama desa. Tapi secara resmi namanya adalah Darul Huffadz, rumah para penghafal Quran. Pesantren ini memiliki jenjang pendidikan untuk tamatan SD dan SMP.

Darul Huffadz memiliki sistem pendidikan yang mirip Gontor. Kalau Muqaddasah mengadopsi di sistem asrama, kalau Darul Huffadz justru di pendidikan formalnya, yaitu Kulliyatul Muallimin Al Islamiyah (KMI). Pendidikan KMI memiliki sistem enam tahun dengan kurikulum sendiri yang sudah distandardisasi dan diakui oleh kementrian Agama Indonesia.

Sejujurnya kami belum pernah ke pondok ini, namun kami sering berinteraksi dengan alumni Darul Huffadz 77. Menurut kami yang istimewa dari pesantren yang didirikan oleh KH. Lanre Said ini terletak pada penyatuan tahfidz Quran dengan pendidikan KMI. Padahal pendidikan KMI cukup padat. Baca saja website resminya dan baca garis haluan pondok, persis seperti yang ada di Gontor. Hasilnya, para hafidz yang memiliki pengetahuan keislaman cukup luas dengan penguasaan bahasa Arab yang kental.

Demikian 5 Pesantren Penghafal Quran Terbaik di Indonesia. Jika ada usulan pesantren lain, cukup tulis di komentar dan kami akan melakukan survei untuk selanjutnya dimuat dalam review kami.

Share This:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *