5 Lembaga Amil Zakat Terbaik dan Terpecaya di Indonesia

iscj.org

Saat ini gerakan untuk berinfaq dan berzakat sangat gencar untuk dilakukan melalui lembaga Amil atau lembaga resmi penyelenggara penyaluran infaq dan zakat. Oleh sebab itu Panduan Terbaik memberikan rekomendasi lima lembaga Amil Zakat terbaik dan terpercaya di Indonesia.

  1. Rumah Zakat

Rumah Zakat atau yang lebih dikenal sebagai RZ, merupakan lembaga Amil Zakat yang berbasis ketokohan dan majelis taklim. Ust. Abu Syauqi dan Majelis Ta’lim Ummul Qura’ seperti menyatu untuk membentuk lembaga sosial yang fokus pada bidang kemanusiaan. Secara usia, lembaga ini lahir pada tahun 1998. Namun demikian, lembaga ini dalam jangka waktu cukup singkat mampu melesat menjadi lembaga amil zakat yang cukup disegani oleh masyarakat. Bahkan terkadang sampai melupakan bahwa Rumah Zakat berawal dari kota paris van java, Bandung.

Kelebihan Rumah Zakat yang patut diperhitungkan adalah bagaimana cara mengemas program dengan cukup baik. Nama-nama program dibuat sangat populer, easy dan renyah. Bahkan program mereka yang cukup bagus adalah mengkampanyekan zakat dan infaq sebagai sebuah gaya hidup. Hebatnya lagi adalah jaringan luas di seluruh Indonesia yang dilengkapi dengan kekuatan di dunia online yang cukup bagus. Jika Anda mencari lembaga zakat, pasti Rumah Zakat ada di halaman pertama, baik melalui iklan atau melalui optimasi yang mereka lakukan. Kemudahan untuk berdonasi adalah kelebihan RZ.

  1. Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa atau yang lebih dikenal dengan DD merupakan lembaga Amil Zakat yang lahir dari tokoh-tokoh nasional semacam Parni Hadi (Republika), KH. Zaenuddin MZ, Rhoma Irama, dll. 1993 merupakan awal kehadiran lembaga amil zakat yang langsung berbasis di ibu kota ini, Jakarta. Memang salah satu faktor yang membesarkan Dompet Dhuafa adalah surat kabar Republika. Dua lembaga ini seperti menyatu dan bahu-membahu. Republika seringkali mengangkat apa yang dilakukan DD, sehingga tumbuh berkembang menjadi besar.

Kelebihan DD yang pantas untuk dijadikan rujukan adalah bagaimana variatifnya program yang dimiliki. Khusus bencana ada ACT, meskipun kemudian terpisah, pendidikan ada lagi, kesehatan ada lagi. Dan masing-masing program benar-benar muncul ke permukaan, sehingga kerja yang dilakukan seolah-olah nyata. Hal yang menjadikan kehebatan DD adalah kerjasama dengan sebuah lembaga, atau perusahaan untuk menyusun program bersama. Bahkan DD bisa dikatakan memiliki kecepatan cukup tinggi dalam melakukan kegiatan terutama menghimpun dana.

  1. YDSF

YDSF merupakan singkatan dari Yayasan Dana Sosial Al Falah. YDSF merupakan salah satu lembaga amil zakat tertua di Indonesia yang menginspirasi berdirinya banyak lembaga zakat lainnya. YDSF lahir pada 1987 dan berbasis di Surabaya dengan objek nasional meski menitik beratkan di wilayah Indonesia Timur.

Keunikan dari YDSF adalah fungsi lembaga yang hanya menghimpun dan menyalurkan program serta melaporkan kepada donatur. YDSF tidak memiliki program, seperti mendirikan rumah sakit, mendirikan sekolah. YDSF justru bekerjasama dengan lembaga Islam di sekitar yang telah memiliki program untuk selanjutnya dibiayai dalam pelaksanaan kegiatan. Fokus inilah yang selanjutnya memberikan nilai lebih pada YDSF. Sehingga pemantapan akan pelaporan terhadap donatur dikerjakan dengan baik dan menjadikannya sebagai salah satu lembaga amil zakat terbaik dan terpercaya di Indonesia. Penghimpunan dana dari donatur dalam satu tahun mencapai angka 42 Milyar.

  1. Baznas

Badan Amil Zakat Nasional merupakan lembaga amil zakat resmi yang dikelola oleh pemerintah. Baznas bisa dikatakan sebagai respon dari pertumbuhan gerakan berzakat skala nasional yang tumbuh sangat cepat dengan potensi penghimpunan yang masih besar. Berdiri pada tahun 2001 sesuai dengan SK presiden.

Memang Baznas sudah memiliki kantong-kantong penghimpunan di kantor-kantor pemerintahan yang tertuang dalam tujuan mutunya, yaitu fokus kepada instansi pemerintah, BUMN, dan luar negeri melalui penguatan regulasi. Oleh sebab itu kekuatan Baznas sangatlah besar karena ditopang oleh pemerintah. Namun demikian, karena kentalnya unsur pemerintah, seringkali ada khawatir kentalnya unsur politik di dalam manajemen internal. Namun demikian sampai saat ini Baznas telah membuktikan sebagai lembaga Amil resmi yang mengedepankan transparansi.

  1. PKPU

Pos Keadilan Peduli Umat adalah kepanjangan dari PKPU. Ini merupakan lembaga amil zakat yang berdiri dengan dasar keprihatinan di wilayah ASEAN. Bisa dikatakan, meskipun lembaga amil zakat yang lain juga sudah merambah Internasional, namun PKPU sedari 1999 sudah lahir atas dasar semangat internasional, tidak local seperti yang lainnya.

Lihat saja bagaimana programnya yang terkadang pendampingan NGO internasional dalam penanganan bencana di Indonesia seperti tsunami di Aceh, Jogyakarta, dan beberapa lokasi lainnya. Oleh sebab itu secara legalitas PKPU tercatat sebagai lembaga kemanusiaan internasional tercatat di PBB. Oleh sebab itu PKPU memiliki jangkauan sangat luas dalam penghimpunan, maupun penyaluran bantuan. Maka wajar jika PKPU menjadi salah satu lembaga amil zakat terdepan di Indonesia

Inilah lima lembaga amil zakat terbaik dan terpercaya di Indonesia berdasarkan riset tim panduanterbaik pada 2016.

 

Share This:

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *