5 Boarding School Terbaik di Indonesia

Posted by

Boarding School lebih identik dengan sekolah unggulan terpadu di mana siswanya berasrama dan mendapatkan pendidikan tambahan keagamaan selama di asrama, atau pendidikan pengembangan diri yang dibimbing aktif oleh pembina selama dua puluh empat jam. Boarding School di Indonesia sudah menjamur, oleh sebab itu kami merekomendasikan beberapa boarding school terbaik di Indonesia berdasarkan kombinasi dari kualitas, kepopuleran, dan satu lagi adalah diferensiasi yang dimiliki oleh masing-masing boarding school. Rata-rata juga bersifat internasional boarding school.

Berikut kami sajikan enam boarding school terbaik di Indonesia.

  1. Al Hikmah Boarding School, Batu
alhikmahsby.sch.id

Al Hikmah lebih identik dengan pionir sekolah islam unggulan terpadu, sehingga faktor kualitas pendidikan sudah banyak berkancah di pendidikan Islam nasional. Dari data internal yang kami dapatkan, setiap tahunnya rata-rata 7% melanjutkan di perguruan tinggi luar negeri. Ada yang mengambil teknik di jerman, ada juga yang ke perancis. Sedangkan ITB, ITS, dan perguruan tinggi terbaik lainnya sudah menjadi langganan.

Berdiri di atas bumi Batu Malang, yang terkenal sebagai kota wisata, Al Hikmah Boarding School berlatar keindahan wilayah pegunungan. Apalagi setahu kami, dulunya tempat itu didesain sebagai objek wisata. Oleh sebab itu jangan berharap ada AC, karena terlalu dingin. Dengan luas tanah 15 hektar, cukup luas, dan yang diaktifkan baru sekitar 5,5 hektar, Al Hikmah Boarding School sangat patut dipertimbangkan. Satu kamar hanya empat sampai dengan enam orang, dengan kamar mandi dua.

Kurikulumnya dibangun atas kesadaran bahwa masa depan adalah perubahan, sehingga harus melahirkan siswa yang memiliki jiwa adaptif yang tinggi. Caranya adalah mengembangkan jiwa kemandirian belajar dengan pemberian ruang dan pembimbing dengan materi yang dipilih sesuai keinginan siswa. Beban tahfidz pun disematkan dan ditambah dengan pemahaman tafsirnya. Al Hikmah Boarding School akan dimulai pada tahun ajaran 2018.

Dari website resminya, biayanya tergolong standar jika dibandingkan dengan Boarding School yang lainnya, 60 juta untuk biaya masuknya.

  1. Pelita Harapan, Cikarang
youtube.com

Sekolah ini didirikan oleh bisnismen tulen, Johannes Oentoro dan James Riady. Sekolah ini juga berafiliasi dengan beberapa sekolah seperti Sekolah Dian harapan dan Sekolah Lentera Harapan. Berdiri pada tahun 1993, sekolah ini menjadi mercusuar bagi group sekolah yang ada di bawah naungannya.

Sekolah Pelitah harapan juga tidak lepas dari unsur keagamaan, yaitu kristiani. Bahkan dalam tujuan pendidikannya yang dikutip dari websitenya tertulis bahwa siswa tahu dan tumbuh dalam rahmat Jesus dan melalui bimbingan guru-guru beragama Kristen dengan kualitas yang cukup baik dan lingkungan yang mendukung.

Nama pelita harapan sudah dikenal sebagai sekolah dengan penggunaan kurikulum yang diadopsi dari International Baccalaureate Organization (IBO) yang bermarkas di Swiss. Di sekolah ini beberapa puluh persen di dalamnya adalah expatriat dari beragam negara. Bertempat di Ibu Kota Jakarta, Pelita Harapan sangat mashur di Jakarta.

Secara fasilitas, sekolah ini tidak seperti sekolah Boarding School lain yang mengandalkan wilayah pegunungan, namun sekolah ini lebih identik dengan fasilitas-fasilitas lengkap yang pada umumnya dimiliki oleh sekolah boarding school.

Biaya untuk sekolah ini yang kami dapatkan dari forum detik cukup mahal, 80 jutaan.

  1. Dwi Warna, Bogor
smadwiwarna.sch.id

Nama sekolah ini cukup populer sebagai sekolah Boarding School di wilayah Bogor. Sekolah ini juga berdiri di atas lahan dengan basis kesejukan dan ketenangan. Hijau, itulah kesan yang akan didapatkan jika berkunjung ke sekolah ini. Apalagi Bogor dikenal sebagai kota hujan, cocok menjadi pilihan sekolah berasrama.

Dengan kurikulum perpaduan antara nasional dan internasioal, sekolah ini menekankan pada pembinaan sikap, akhlak dan watak siswa dengan penekanan kepada unsur agama Islam. Apalagi ketika kami lihat, Dwi Warna didirikan oleh Yayasan Pendidikan Islam Dwiwarna. Oleh sebab itu nuansa agama islam akan ada di dalamnya, meskipun tidak sekental Al Hikmah Boarding School Batu. Ketika kami lihat di video profilnya, sekolah tidak mewajibkan untuk berkerudung. Namun demikian, sekolah ini menjadi alternatif sebagai sekolah boarding school di wilayah Jabodetabek, bahkan Indonesia.

Gedung sekolah Dwi Warna terlihat biasa saja, namun dari segi sarana dan pra sarana, sekolah Dwi Warna sudah dikenal sebagai sekolah dengan fasilitas cukup baik. Asrama pun sangat cukup. Oleh sebab itu Dwi Warna Bogor patut dijadikan pertimbangan sebagai sekolah Boarding School.

Biaya masuk sekolah Dwi Warna dari website resminya ketika dibuat tulisan ini adalah Rp. 60.000.000

  1. Taruna Nusantara, Magelang
Gehanghofari.blogspot.com

Taruna Nusantara lebih dikenal sebagai sekolah Boarding School dengan model semi militer. Sekolah ini dikenal luas sebagai gerbang awal siswa yang ingin masuk ke militer, atau mereka yang ingin memiliki disiplin seperti militer. Apalagi letaknya di Magelang, di mana terletak masih satu kota dengan Akademi Militer. Oleh sebab itu sekolah ini dikenal sebagai pendidikan karakter khas militer. Apalagi pencetusnya adalah menteri pertahanan dan keamanan ketika itu LB Moerdani.

Warna pendidikan yang kental dari sekolah Boarding School yang diresmikan pada tahun 1990 ini dikenal pada nilai-nilai nasionalisme, perjuangan, kebangsaan, yang diwujudkan dengan kesemaptaan jasmani, rohani, juga kemandirian. Oleh sebab itu SMA Taruna Nusantara menjadi pilihan Boarding School bagi semua siswa yang ingin memiliki karakter kebangsaan yang tinggi.

Ekstra kulikuler yang ada di dalamnya pun disusun seperti militer. Ada TONPARA atau peleton upacara, juga BANTARA yang berarti Bantara Nusantara, juga PKS atau Patroli Keamanan Sekolah, dan yang terakhir PATAKA atau yang berarti Pasukan Tanda Kehormatan. Ini sebagai wujud latihan kepemimpinan di Taruna Nusantara.

Sayangnya, nama Taruna Nusantara sedikit tercoreng dengan kasus kekerasan, atau yang terbaru adalah pembunuhan yang pada akhirnya pelaku divonis 9 tahun mengutip dari beragam berita online. Namun demikian, SMA Boarding School yang satu ini masih layak untuk dipertimbangkan.

Untuk biayanya, sekolah dari tribunnews kami dapatkan info Rp. 45 juta. Tapi jika Kategori Kontribusi Khusus, harus isap membayar 104.500.000.

  1. Semesta Boarding School, Semarang
seputarsemarang.com

Dalam review kami, Semesta Boarding School adalah satu-satunya dari wilayah Jawa Tengah. Terletak di pusat provinsi Jawa Tengah, Semesta Boarding School berdiri kokoh di Kecamatan Gunungpati, kota Semarang, Jawa Tengah. Sekolah ini adalah hasil kerjasama antara Yayasan Al Firdaus Semarang Indonesia dengan Fulton Science Academy Georgia USA.

Semesta Boarding School merupakan sekolah unggulan seperti pada umumnya dengan pengantara bahasa Inggris untuk beberapa mata pelajaran dengan dukungan fasilitas pendidikan yang mendukung. Semesta Boarding School lahir di wilayah yang tepat, karena tidak banyak Boarding School unggulan di wilayah Jawa Tengah.

Mengutip dari situsnya, kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum berbasis Kurikulum Nasional. Namun demikian juga ada pengembangan dari pihak Semesta Boarding School agar berorientasi kepada kurikulum Internasional.

Kami belum berhasil mendapatkan info biaya sekolah ini dari website resminya. Namun dari kaskus kami mendapatkan info biaya satu tahun mencapai Rp. 90.000.000

inilah 5 boarding school terbaik di Indonesia yang kami lihat dari beberapa aspek sehingga patut menjadi rujukan untuk semuanya.

Share This:

3 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *