5 Boarding School Islam Terbaik di Jawa Timur

Posted by

Boarding School Islam semakin populer, terutama karena menyediakan jaminan pendidikan bagi siswa secara akademik dan non akademik di asrama di tengah maraknya pergaulan bebas. Boarding Islam selalu menyajikan pendidikan akademik mumpuni, dengan penempaan metal secara spiritual yang kental. Oleh sebab itu kami sajikan beberapa boarding school Islam terbaik di Jawa Timur.

  1. Al Hikmah Boarding School, Batu

Al Hikmah Boarding School pada dasarnya berbasis SMA Al Hikmah Terpadu di Surabaya. Al Hikmah dikenal sebagai sekolah rujukan dalam standar pengendalian mutu pendidikan yang ditunjuk oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan, pada dua tahun berturut-turut, 2016-2017. Al Hikmah juga menjadi satu-satunya sekolah di wilayah Jawa Timur yang masuk dalam buku direktorat pembinaan SMA DITJEN Pendidikan Dasar dan Mengengah. Sisi yang membuat sekolah menjadi rekomendasi adalah penerapan akhlaq terhadap siswa yang berhasil, juga beragam prestasinya di tingkat internasional.

Prestasi alumni al Hikmah yang paling mentereng adalah ketika Djarot Dimas, alumni angkatan ke enam SMA Al Hikmah ini diberi kesempatan berbicara di sidang umum PBB, bahkan mendapatkan penghargaan Diplomacy Award. Selain itu SMA Al Hikmah memiliki peta lulusan yang juga selalu masuk di perguruan tinggi Asia dan Eropa, seperti Jerman, Prancis, Jepang, dan Negara lain yang menjadi destinasi favorit untuk pendidikan lanjutan. Oleh sebab itu Al Hikmah Boarding School layak menjadi Boarding School terbaik di Jawa Timur.

Al Hikmah Istimewa karena menanamkan prinsip self learning education, yaitu menanamkan jiwa pembelajar dengan memberikan banyak fasilitas-fasilitas untuk perkembangan potensi yang dimiliki siswa. Caranya adalah identifikasi potensi sejak awal masuk Al Hikmah Boarding School. Hebatnya lagi, wawancara mewajibkan kehadiran orangtua, agar kesepakatan mau diarahkan ke mana siswa tersebut menjadi komitmen bersama. Harapannya, selepas SMA bukan bingung mau ke mana, tapi sudah bisa dan tahu jalan pendidikan dan masa depannya memiliki arah dan tujuan yang pasti. Oh, bakatnya di manajemen bisnis. Dari awal sudah ada pendampingan manajemen dengan terjun di lahan-lahan yang ada di sekitar kampus denga luas 15 hektar.

Berada di dataran tinggi Batu, 900 mdpl, dengan suhu terendah bisa mencapai 18 derajat celcius, dilengkapi fasilitas modern seperti kolam renang, sekolah Al Hikmah menjadi destinasi terbaik di wilayah Jawa Timur.

  1. MAN 3, Malang

Jika pernah mendengan Insan Cendekia di Serpong, maka MAN 3 Malang adalah sekolah yang mirip di wilayah Jawa Timur. MAN 3 Malang adalah nama yang populer di kalangan para pencari destinasi pendidikan di wilayah Jawa Timur. Unggulan di sekolah ini adalah program akselerasi yang hanya ditempuh dalam waktu dua tahun.

Boarding Schoolnya tergolong memenuhi standar, tata kelolanya lebih banyak kepada penekanan unsur akademik. Uniknya, sekolah ini juga memiliki program madrasah yang berstandar kurikulum timur tengah. Meskipun umumnya sekolah memilih kurikulum berkiblat ke barat, seperti kurikulum Cambridge, tapi MAN 3 Malang berkiblat ke timur. Kini namanya diganti menjadi MAN 2. Meskipun demikian, orang tetap lebih mengenal dengan MAN 3.

  1. Nurul Jadid, Probolinggo

Nurul Jadi sebenarnya juga pesantren yang terkenal dengan nama Paiton. Santrinya saja berjumlah sekitar 7000an total akumulatif antara putra dan putri. Sebenarnya sekolah yang ada di sini tergolong standar, justru yang menjadi istimewa adalah cara Nurul Jadid mengelola asramanya.

Pondok pesantren yang memiliki mayoritas santri berasal dari wilayah tapal kuda ini memiliki pengelolaan asrama berdasarkan minat dan bakat. Contoh, asrama tahfidz, asrama bahasa cina, asrama bahasa inggris, asrama bahasa arab, dan asrama lainnya. Sehingga pola ini menjadikan santrinya berprestasi pada bidang yang ditekuninya. Hal inilah kemudian yang menjadikan sekolah Nurul Jadid pada akhirnya lebih unggul. Maka wajar jika kami masukkan dalam Boarding School terbaik di Jawa Timur. Namun demikian, Nurul Jadid sangat kental dengan pesantren. Meskipun SMA-nya cukup bagus, bisa dikatan brand image Paiton tetap pondok pesantren.

4. SMA Darul Ulum, Jombang

smulandu2-jbg.sch.id

Dulunya Darul Ulum lebih dikenal sebagai pondok pesantren yang fokus kepada pendidikan klasik. Namun sekarang wajahnya rasanya sudah berubah kepada pendidikan formal sekolah islam terpadu, seperti yang sedang tren saat ini. Darul Ulum kemudian dikenal sebagai sekolah boarding school yang memiliki kurikulum nasional dan kurikulum Cambridge. Adapun nuansa pesantrennya berada di wilayah asrama.

Oleh sebab itu secara pesantren menurut kami tidak sekuat sekolah SMA-nya. Darul Ulum begitu kental menyampaikan bahwa kurikulum yang digunakan adalah Cambridge, bahkan di depan gedungnya terpampang plakat Cambridge. Oleh sebab itu di sekolah yang didirikan pada tahun 1994 ini bahasa inggris sudah hal yang biasa. Harapannya dari penerapan kurikulum Cambridge adalah diterimanya siswa di sekolah-sekolah bertaraf internasional.

5. …

Inilah beberapa sekolah yang dalam penilaian kami masuk ke dalam Boarding School terbaik di Jawa Timur. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda para pencari informasi Boarding School terbaik di Jawa Timur.

Share This:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *